Sukses

Rasa Kawasaki H2, Motor Ini Dibikin Pakai Printer 3D

Divergent 3D memamerkan solusi dalam membuat komponen mobil dan motor berbasis mesin cetak (printer) 3D.

Liputan6.com, California - Kemajuan teknologi bisa merubah segala aspek. Begitu pula pada industri kendaraan.

Komponen mobil seperti sasis dan panel bodi yang biasa dibuat dengan metode pengecoran kini berubah. Ya, Divergent 3D memamerkan solusi dalam membuat komponen mobil dan motor berbasis mesin cetak (printer) 3D.

Di sela penyelenggaraan Los Angeles Auto Show 2016, mereka turut memperlihatkan sebuah motor yang dibuat dari hasil cetak printer mereka.

Motor itu dinamai Dagger, yang dirancang menyerupai motor street kustom. Sebagaimana dilansir dari Mashable, seluruh komponen mekanis yang ada pada motor merupakan hasil cetakan printer, termasuk rangka trellis-nya.

Komponen yang dibuat menggunakan printer 3D diklaim berhasil menciptakan struktur fiber yang lebih ringan 50 persen dibandingkan penggunaan material motor tradisional. Selain itu, komponennya juga memiliki kekuatan yang telah memenuhi standar pengujian.

Dijelaskan, sejumlah komponen lain seperti velg, piringan rem, kaliper, garpu suspensi depan, suspensi belakang dibuat berbahan baja. Sementara mesinnya mengambil basis empat silinder milik Kawasaki Ninja H2.

Sementara itu, motor ini memang hanya dibuat untuk kebutuhan pameran saja. Di sini, Divergent 3D ingin memperlihatkan bahwa teknologi yang mereka miliki siap mendukung industri roda dua dan empat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini