Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Prinsip Membersihkan Busi dan Cek Koil

Liputan6.com, Jakarta Busi jadi komponen pelentik api. Tanpanya tak akan ada pembakaran di mesin. Dan busi perlu dibersihkan untuk mengoptimalkan performanya. Tulisan itulah yang populer siang tadi.

Sementara hal tabu saat mencuci motor masih mencuri perhatian selain cara mengecek kondisi koil. Berikut ringkasannya:

1. Catat, 4 Pakem Bersihkan Busi Kendaraan
Busi adalah komponen kendaraan yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektroda terletak di ruang bakar. Busi ini dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompresi oleh piston.

Sebagaimana komponen kendaraan pada umumnya, busi pun bisa rusak, yang dicirikan oleh mulai kotornya ujung busi akibat karbon sisa pembakaran atau basah oleh oli. Jika sudah kotor seperti ini, sebetulnya busi bisa dibersihkan. Selengkapnya baca di sini.

2. 3 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Motor
Memiliki motor yang bersih tak hanya enak dipandang, tapi juga membuat performanya lebih enteng. Ini tak lepas dari lumpur-lumpur yang menghambat laju kendaraan luruh ketika dicuci.

Di musim penghujan seperti saat ini, Anda tentu sering mencuci motor, bukan. Selengkapnya baca di sini.

3. Cara Gampang Cek Kondisi Koil
Bagi Anda yang sehari-hari beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor idealnya harus memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan atau minimal mendiagnosis permasalahan pada kendaraannya. Salah satu hal yang wajib diketahui adalah mengetahui kondisi pada sistem pengapian.

Seperti diketahui, kebanyakan sistem pengapian pada motor keluaran terbaru sudah menggunakan Capasitive Discharge Ignition (CDI) dan nyaris sudah tak ada lagi yang menggunakan sistem pengapian konvensional atau platina. Selengkapnya baca di sini.