Sukses

Top 3: Pertolongan Pertama Luka Knalpot Panas dan Lampu Jauh

Liputan6.com, Jakarta Pertolongan pertama pada kecelakaan harus dipahami benar. Bila tidak, luka bisa menjadi parah. Itulah mengapa pertolongan pertama saat kaki kena  knalpot panas masih jadi perhatian.

Dua artikel populer lainnya masih terkait dengan tips dan trik otomotif. Berikut ringkasannya:

1. Pertolongan Pertama Kaki Kena Knalpot Panas
Beberapa orang pernah tidak sengaja menyentuh knalpot motor yang masih panas. Bahkan mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya. Bagian kulit yang terkena (biasanya betis) pun akhirnya meninggalkan bekas luka.

Pada dasarnya kulit yang terkena knalpot membutuhkan penanganan luka bakar. Serta, untuk mencegah bekas luka yang terlalu parah, maka pertolongan pertamanya juga harus benar. Apalagi tingkat keparahan tergantung kondisi yang bersangkutan. Selengkapnya baca di sini.

2. Jangan Taruh Jas Hujan di Balik Jok
Salah satu kebiasaan buruk pemilik sepeda motor adalah menyimpan jas hujan di balik jok, meski sebetulnya tak ada ruang untuk itu. Hal ini berlaku untuk sejumlah motor.

Posisi jas hujan di tempat ini justru menutupi saluran udara atau tutup tangki bensin. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pada proses pembakaran. Efek lainnya juga menyebabkan jas hujan cepat kaku dan pada akhirnya rusak atau robek. Selengkapnya baca di sini.

3. Begini Bikin Kapok Pengendara yang Doyan Main Lampu Jauh
Lampu jauh kerap membuat silau pengendara lain, terutama jika sudut tembaknya terlalu tinggi. Bila menggunakannya tak berlebihan tentu tak masalah, tapi bila sebaliknya akan mengganggu pengendara lain.

Beberapa cara telah dilakukan untuk membuat kapok orang-orang seperti ini. Beberapa waktu lalu misalnya, muncul kabar bahwa pelaku lampu silau di Tiongkok akan dihukum dengan cara melihat lampunya sendiri dengan mata telanjang. Selengkapnya baca di sini.