Sukses

Perbedaan Honda BeAT di Indonesia dengan Malaysia

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Setelah meluncur di 26 kota di Indonesia secara serentak, Agustus lalu, all new Honda BeAT akhirnya resmi diperkenalkan di Malaysia oleh Boon Siew Honda, distributor resmi Honda di Malaysia.

Lantas, apa bedanya dengan Indonesia? Pertama tentu saja soal harga. Dilaporkan paultan.org, matik berdesain sharp compact ini dibanderol dengan harga RM5,565 atau setara Rp 17,1 juta. Di Indonesia, motor ini dijual dengan harga mulai Rp 14,7 juta.

Tidak dijelaskan dari mana motor ini berasal. Tapi kemungkinan dari Indonesia, dengan impor dalam bentuk terpisah atau completely knock down (CKD). Ini membuat harga motor sejuta umat di kedua negara tak terpaut jauh.

Sementara dalam hal desain, keduanya juga tidak berbeda jauh, kecuali bahwa BeAT Malaysia menggunakan mata kucing atau pemantul cahaya, serta lampu sein belakang terpisah sebagaimana yang sering diaplikasikan pada motor sport.

Perbedaan lain ada pada varian warna. Honda BeAT di Malaysia hanya dijajakan dengan empat varian warna, yaitu Vital Metallic Blue, Pearl Magellanic Black, Viva City Red, dan Angel Pink. Sementara di Indonesia pilihan warnanya ada delapan, plus dengan dua pilihan tema.

Sementara persamaannya, keduanya sama-sama menggendong mesin 110 cc satu silinder, 4-Tak, berpendingin udara, yang hasilkan tenaga 8,5 Tk pada 7.500 rpm. Mesin ini menyalurkan tenaga melalui girboks otomatis dan v-belt.

Tangki BeAT baru ini kapasitasnya 4 liter, punya jok setinggi 742 mm, serta berbobot 94 kg. Juga terdapat Eco Indicator pada panel instrumen yang tidak ada pada model pendahulunya.

Artikel Selanjutnya
Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri
Artikel Selanjutnya
Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia