Sukses

Jangan Tumpuk Barang di Bagasi Melebihi Rear View

Jika taruh barang, pengemudi harus tetap dapat melihat bagian belakang mobil dari spion tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Multi purpose vehicle (MPV) tidak dilengkapi dengan bagasi khusus untuk menyimpan barang layaknya mobil sedan. Karenanya, penempatan barang bawaannya harus dilakukan dengan tepat.

Ada patokan dalam menaruh barang-barang di mobil, yang berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara. Patokan tersebut adalah pengemudi harus tetap dapat melihat bagian belakang (rear view) mobil dari spion tengah.

"Sebaiknya jangan melebihi rear view, sehingga tampak belakang masih kelihatan dari spion," ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di Sunter, Jakarta, Kamis (24/11) kemarin.

Memang, hal ini terkadang tidak bisa dilakukan mengingat banyaknya barang yang di bawa, misalnya ketika pergi berlibur. Jika ini terjadi, pengendara mobil bisa memanfaatkan roof rack dengan tetap memperhatikan bobot.

"Kalau terpaksa juga, andalkan kanan kiri spion saja. Seperti mobil boks dan truk. Mereka kan tidak bisa lihat belakang juga," tambah Anjar.  

Sementara untuk menata barang, usahakan untuk memasukkan terlebih dulu yang besar dan berat di bagian bawah. Kemudian barulah barang-barang yang relatif lebih kecil dan ringan. Agar lebih mudah ditata, barang-barang ini dapat masukkan dulu ke boks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.