Sukses

MV Agusta Tak Jadi Bangkrut

Perusahaan investasi internasional Black Ocean Group menyelamatkan MV Agusta dari kebangkrutan dengan menanamkan dana segar.

Liputan6.com, Varese - Perusahaan investasi internasional bernama Black Ocean Group menyelamatkan MV Agusta dengan menanamkan dana segar. Kesepakatan di antara keduanya terjadi pada 17 November lalu.

Telah sejak Maret lalu MV Agusta menyatakan mengalami kesulitan keuangan. Mereka mengalami masalah finansial karena marjin keuntungan yang kurang besar. Mereka juga telah mengajukan proposal bantuan ke pemerintah Amerika Serikat (AS).

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa cara yang mereka lakukan adalah mengurangi jumlah pekerja atau produksi. Selain itu, ada pula rumor yang beredar bahwa Mercedes-Benz mau membeli perusahaan secara utuh.

Memang keduanya belum menginformasikan lebih jauh soal kerja sama ini. Misalnya, berapa nilai investasi yang ditanamkan pada pabrikan asal Italia tersebut. Namun dipercaya nilainya akan signifikan untuk mendongkrak performa perusahaan.

"Saya percaya mereka akan memberikan kontribusi dengan keterampilan enterprener dan manajerial dalam konsolidasi MV Agusta sebagai pemain kunci di pasar motor premium," ujar Giovanni Castiglioni, CEO MV Agusta, dikutip dari cycleworld.com.

Penanaman modal ini juga seiring dengan rencana MV Agusta untuk melakukan restrukturisasi. Mereka ingin kembali bersaing di segmen sepeda motor high-end.

MV Agusta sendiri adalah merek sepeda motor legendaris di dunia. Perusahaan tersebut telah memenangkan setidaknya 75 kompetisi balap dunia. Pada 2014 lalu, Mercededes AMG mengakuisisi 25 persen saham MV Agusta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.