Sukses

Yamaha Fazer Jadul Disulap Jadi Motor Listrik

Builder dari Brighton, Inggris itu memliki kemampuan unik, bukan hanya sepeda motor saja yang di-custom menjadi e-moto,

Liputan6.com, London - Union Motion di dunia builder memang baru, spesialisasinya meracik kendaraan bermesin bakar menjadi berpenggerak motor listrik.

Builder dari Brighton, Inggris itu memliki kemampuan unik, bukan hanya sepeda motor saja yang di-custom menjadi e-moto, bahkan drone dan pesawat terbang pun bisa. Tetapi sebelum lebih jauh kita lihat saja kiprah mereka saat mengubah Yamaha Fazer 600 1998 menjadi sepeda motor berpenggerak listrik.

Union Motion, builder elektris itu memang hanya sebuah perusahaan kecil yang baru didirikan pada 2015, tetapi mampu mengubah sepeda motor dengan mesin bakar, produk kapan pun, menjadi sepeda motor yang ramah lingkungan. Demikian sebagaimana dikutip dari naikmotor.com.

Karya pertama mereka adalah Phaser Type 1, yang berbasis Yamaha Fazer 600 1998. Hanya saja yang tersisa kini dari naked pendahulu FZ6 itu tinggal rangka, garpu depan, swingarm, dan roda saja.

Naked menengah Yamaha yang terondol itu lalu hanya ditambahi secuil fairing aluminium hasil CNC, mesinnya ditanggalkan dan diganti dengan motor listrik dan rangkaian baterai lithium-ion 6 kWh.

Hasilnya, motor listrik mampu menghasilkan 48 kW atau setara 64 daya kuda dan torsi 300 Nm, sehingga kecepatan puncaknya mencapai 177 km/jam, dengan mengusung beratnya yang 160 kg.

Baterai lithium-ion itu memiliki berat 50 kg tetapi mudah dilepas pasang untuk mempercepat isi ulang. Sayangnya, dengan charge penuh selama 2 jam, baterai hanya mampu untuk menjelajah 100 km saja, Tetapi dengan desain model L, ternyata baterai berperan membuat center of gravity Phaser1 menjadi rendah.


Spesifikasi Phaser Type1

Sasis Yamaha FZS 600 Fazer
Motor tipe brushless axial flux 3-fasa, pemanent magnet, berpendinginan udara pasif
Tenaga 48 kW
Torsi 300 Nm
Kecepatan puncak 177 km/jam
Jarak tempuh 100 km
Berat kosong 160 kg
Baterai lithium-ion spek otomotif, modular, 6 kWh, 88,8 Volt
Charger offboard, minimal input 13A jala-jala rumahan,
Lama charging hingga penuh 2 jam.

(Afid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.