Sukses

Mobil Bermesin Kompak Non Jepang yang Populer

Tren mobil bermesin kecil masih ada. Karena sejumlah produsen punya pendekatan tersendiri tentang arti efisiensi.

Liputan6.com, Jakarta Tren mobil bermesin kecil masih ada. Karena sejumlah produsen punya pendekatan tersendiri tentang arti efisiensi. Sejumlah mesin berkapasitas besar dipangkas volumenya.

Ya, mesin ringkas saat ini bukanlah suatu hal yang bisa dipandang miring. Penciutan kapasitas mesin juga terjadi pada mobil maskulin, misal Jeep Wrangler. Pabrikan asal Amerika itu menghadirkan unit. 3.0 liter Pentastar untuk didistribusikan di Indonesia.

Honda Civic yang hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 menggendong mesin 1,5 liter. Tak memandang gengsi, Honda justru menciutkan mesin Civic menjadi 1.498 cc, dengan blok mesin yang sama dengan yang digunakan Honda Jazz, Freed, dan City.

Sebelumnya mesin Civic 2.000 cc. Lantas bagaimana dengan performanya. Jangan khawatir. Ada komponen yang bernama turbocharger untuk mendongkrak kemampuan standan mesin 1,5 liter itu. Malah lebih tinggi 18 Tk dibanding mesin 2.0 liter sekalipun.

Nah mau tahu mobil bermesin kecil kelahiran luar Jepang? Baca ulasannya di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.