Sukses

Mitsubishi Jepang Tak Luput dari Recall

Mitsubishi mengumumkan penarikan (recall) ratusan ribu mobil mereka di Jepang karena ada masalah di airbag.

Liputan6.com, Tokyo - Mitsubishi Jepang bersama Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi mengumumkan penarikan (recall) ratusan ribu mobil mereka di Jepang. Mobil-mobil ini disinyalir mengalami kerusakan di bagian airbag.

Dilaporkan responsejp.com, penarikan berlaku pada 100.480 unit Delica, Pajero, Lancer, AI, dan i-MiEV yang dirakit sejak 23 Agustus 2006 hingga 28 Desember 2011.

Airbag buatan Takata ini bisa memuntahkan material keras saat momen tabrakan terjadi, alih-alih mengembang sebagaimana mestinya. Disebukan hal ini disebabkan karena amonium nitrat di airbag memproduksi gas panas ketika pemicu aktif.

Sebagaimana penarikan pada umumnya, Mitsubishi akan memberikan pelayanan penggantian gratis terhadap material yang rusak. Mereka menyarankan untuk menonaktifkan airbag terlebih dulu, terutama di bagian penumpang.

Sebelumnya, riset yang dilakukan oleh National Highway Transport Safety Administration (NHTSA) menemukan bahwa airbag dengan amonium nitrat hanya diproduksi oleh Takata. Airbag ini berpotensi tidak bekerja dengan peluang hingga 50 persen.

Sebelumnya, pada awal Juni lalu PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB) Motors selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia juga pernah menumumkan penarikan terhadap 124.435 unit kendaraannya.

Selain Delica, beberapa model yang kena dampak adalah Strada Triton, Lancer GLX dan SUV andalan Pajero Sport produksi 2008 sampai 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.