Sukses

Mau Rantai Megapro Lebih Awet, Pakai Punya Kawasaki Ninja RR

Kualitas suku cadang sepeda motor berbeda-beda, tergantung mereknya.

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas suku cadang sepeda motor berbeda-beda, tergantung mereknya. Harga yang murah biasanya berkorelasi dengan kualitas yang rendah, begitu pula sebaliknya.

Misalnya, untuk membuat rantai awet, bisa dilakukan dengan menggunakan rantai yang harganya lebih mahal, termasuk jika dibandingkan dengan suku cadang asli. Honda MegaPro bisa menjadi contoh.

Agar rantai lebih awet, motor Honda Megapro bisa menggunakan milik Kawasaki Ninja RR. Menurut Iksan, pemilik Iksan Motor, bengkel spesialis MegaPro yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung Nomor 42, Jakarta, plat Ninja RR lebih tebal.

"Kalau mau awet, MegaPro bisa pakai rantai Kawasaki Ninja RR. Platnya itu lebih tebal. Kalau pakai punya Ninja, ganti rantainya sekali, gir bisa dua kali," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (28/11/2016).

Cara ini memang bisa dilakukan tanpa mengganti gir atau sprocket. Pasalnya rantai MegaPro dan Ninja RR sama persis, yaitu 428, sehingga tidak perlu menambahkan atau memotong mata rantai lagi. "Bisa juga dipakai di Tiger, tapi Tiger 520, jadi harus tambah mata rantai," tambahnya.

Atau, tambah Iksan, bisa juga dengan cara mengakali diameter gir belakang. Misalnya jika memang mata rantainya kurang, bisa diakali dengan menggunakan gir yang lebih kecil.

Memang uang yang dikeluarkan akan lebih besar. Harga rantai Ninja RR asli, menurut Iksan, berkisar di angka Rp 600an ribu. Sementara rantai MegaPro hanya Rp 250an ribu, itupun sudah satu set dengan gir depan dan belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini