Sukses

Inilah Lima Hal yang Memengaruhi Umur Aki Motor

Liputan6.com, Jakarta - Aki memiliki dua jenis, yakni kering dan basah. Kedua tipe aki tersebut tentu saja punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tapi, dalam membuat aki sepeda motor berumur panjang ada lima hal yang perlu diperhatikan. Menurut Channel Marketing Manager Bosch of Automotive Aftermarket Indonesia Dedy Ismanto ada lima hal yang perlu jadi perhatian.

Pertama saat pemasangan. Menurutnya untuk aki basah konsumen harus memperhatikan betul cara menuang air elektrolit.

"Jangan sampai tumpah dan kurang airnya, kalau tidak memenuhi standar bisa memengaruhi umur aki," katanya saat ditemui di Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2016). 

Yang kedua, dia juga melihat banyak konsumen yang kurang memahami aki. Dalam artian, mereka tidak tahu standar aki yang harus dipasang pada kendaraan.

"Kadang-kadang orang beli aki motor atau mobil langsung menyerahkan sepenuhnya pada bengkel. Tidak memilih sendiri akinya, kemudian tidak tahu aki sehingga salah beli tipe dan dayanya," papar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Selain itu, kurangnya perawatan juga menjadi faktor yang membuat umur aki pendek. Meskipun aki itu kering yang notabenenya minim perawatan, setidaknya perlu dicek minimal tiga bulan sekali untuk melihat tegangannya.

"Faktor perawatan sudah pasti berbanding lurus, jangan sampai kalau nggak ada keluhan nggak ke bengkel," Dedy menambahkan.

Nah, untuk faktor yang empat, Dedy menjelaskan bahwa konsumsi listrik pada pengguna sepeda motor saat ini lebih tinggi. Ini tak terlepas dari aturan menyalakan lampu pada siang hari dan tren penggunaan aksesori.

"Regulasi lampu tetap nyala di siang hari, kemudian pasang sound system, ada charger untuk smartphone sehingga konsumsi listrik akan semakin lebih besar. Sementara yang terakhir adalah karakter dengan penggunaan, saat ini ada dua golongan, yang pakai harian dan pemakaian pada waktu tertentu," jelasnya.

Pemakaian pada waktu tertentu ini tentu akan memengaruhi umur aki. Sebab, katanya akan memengaruhi siklus hidup aki, di mana aki itu memasok dan menerima listrik. Bila yang sebelumnya dipakai normal kemudian didiamkan lama pasti akan membuat performa aki turun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.