Sukses

Cara Hilangkan Suara Berisik dari Bodi Motor yang Kendor

Kenapa bodi motor bisa mengeluarkan suara berisik?

Liputan6.com, Jakarta - Tampilan sepeda motor ditopang oleh panel bodi yang umumnya terbuat dari plastik. Panel ini terpisah satu sama lain, serta berfungsi menutupi rangka hingga kabel-kabel kelistrikan.

Bodi ini, termasuk cover lampu, tak lepas dari masalah. Makin berusia suatu sepeda motor, maka biasanya akan muncul suara berisik yang berasal dari getaran pada panel bodi. Suara ini akan langsung terdengar saat motor dinyalakan.

Menurut Iksan, pemilik Iksan Motor, bengkel spesialis Megapro yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung Nomor 42, Jakarta, suara berisik disebabkan karena panel bodi sudah tidak presisi, ia memuai karena terpaan panas.

"Bodi kan kena panas, dari mesin atau dari cahaya matahari. Karena dia terbuat dari plastik, makin lama makin longgar sehingga bersuara berisik," ujar Iksan kepada Liputan6.com, beberapa waktu yang lalu.

Suara berisik juga bisa disebabkan karena bautnya yang kendur. Biasanya ini terjadi karena motor sering melewati jalanan rusak. Jika ini terjadi maka cara memperbaikinya adalah dengan mengencangkannya kembali.

"Biar lebih lama kencangnya. Maka sebelum pasang baut oleskan sealant di ulir," tambahnya.

Ada pula cara yang lebih rumit. Yaitu dengan menambah bantalan antara celah panel bodi, bisa pakai kertas atau benda apapun. Tujuannya, agar getaran bisa teredam. Alat yang dibutuhkan di antaranya double tip, silet dan obeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini