Sukses

Kreatif, Bikin Motor Jadul Berbasis New Honda Sonic

Tampilan Honda C70 ini ternyata berbasis new Sonic yang dipotong-potong.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dilakukan Toni Prasetyo dari Palangkaraya ini tergolong sadis. Bayangkan, tampilan Honda C70 ini ternyata berbasis new Sonic yang dipotong-potong. 

Awalnya, sebagaimana dilansir dari Naikmotor.com Toni yang bekerja di bidang kontraktor itu, ingin memiliki Honda C70 bergaya racing dan bisa diajak touring. 

Dibantu rekan-rekan klubnya C-Sempak (C-Series Motor Palangkaraya), Toni akhirnya mengorbankan sosok new Honda Sonic dengan memenggal konstruksinya.

"Modifikasi ekstremnya memadukan sasis dan mesin Honda Sonic untuk kemudian menggunakan ‘baju’ Honda C70. "Komposisinya 90 persen Sonic, dan 70 persen Honda C70. Banyak yang bilang motor ini C70 bermesin jahat," papar Toni. 

"Buntut belakangnya pakai punya C70, swingarm masih pakai bawaan Sonic, cuma dudukan monoshock dipotong, kemudian dibuat mounting baru untuk pasang shockabsorber ganda seperti halnya C70," Toni menambahkan. 

Sementara bagian depan, menurut Toni juga tetap mengandalkan punya Sonic dan bagian kakinya mencomot fork Yamaha MX King yang lebih tinggi. Tak ketinggalan setang dan batok milik Honda C70 turut dipasang.

Toni tidak sembarangan mengubah tampilan. Sejumlah komponen premium ikut menempel bukan sekadar gaya tapi juga fungsinya.

Suspensi belakang misalnya, Toni langsung mengorder ke Ohlins Indonesia untuk mendapatkan produk istimewa sekaligus mendukung kenyamanan berkendaranya. Selain shock absorber, stabilizer setang Ohlins ikut dipasang.

"Sayang Ohlins enggak punya untuk suspensi depan bebek. Tapi saya merasakan kemampuannya bisa diandalkan selama touring kemarin, lebih empuk ketimbang produk sebelumnya,” sebut pria 27 tahun yang hobi naik gunung. Sementara bannya mengambil Battlax BT39 yang dianggapnya mumpuni saat melibas jalanan Kalimantan.

Kalau mesin, tidak banyak mendapat ubahan apapun, hanya ia memasang knalpot Daytona. Selain itu bagian perangkat rem, Toni juga menjejalkan produk Nissin enam kaliper piston.

Soal kemampuannya, Toni sudah menguji hampir 800 km dari Palangkaraya menuju Samarinda, Kalimantan Timur bersama rekan-rekan klubnya. Target ke depan, Toni ingin menjelajah Pulau Jawa sekaligu menghadiri jambore nasional C70 di Madura pada 2017.

Spesifikasi Modifikasi:
Mesin New Honda Sonic 150 R
Body C70
Master rem atas Nissin Daytona
Selang rem Daytona
Master rem bawah Nissin 6 piston
Stabilizer Ohlins
Shok belakang Ohlins
Ban Battlax BT39
Rantai gir Daytona

(Arif)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.