Sukses

Biang Penyebab Starter Honda BeAT `Ngadat`

Liputan6.com, Jakarta Sistem kelistrikan pada motor matik harus dalam kondisi baik. Bila tidak, sejumlah fungsi termasuk starter tak dapat bekerja.

Menurut Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati, pemeriksaan kelistrikan pada motor matik perlu dilakukan secara meluruh. Sehingga, katanya, segala fungsi yang ada bekerja baik.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa tegangan pada aki minimal 12,4 Volt. Apabila Voltase di bawah standar, mengindikasikan adanya masalah pada sistem pengisian aki.

Bila itu terjadi, Venus menyarankan untuk melakukan pemeriksaan pada regulator retifier atau yang biasa disebut kiprok.

"Bisa juga karena kabel pengisian tidak tersambung, starter comp rusak atau bahkan akinya yang sudah tidak bisa menyimpan strom," papar dia melalui Solusi Otomotif yang dimuat Liputan6.com.

Selain itu, fungsi starter juga dipengaruhi oleh beberapa komponen lain seperti dinamo starter-nya itu sendiri dan relay starter (bandik).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.