Sukses

Begini Cara Mudah Bersihkan Helm

Liputan6.com, Jakarta - Helm harus selalu dikenakan ketika berkendara menggunakan sepeda motor. Sebab, fungsinya sangat vital dalam melindungi kepala ketika terjadi benturan. 

Atas dasar itulah, memilih helm pun tak bisa sembarangan. Tetapi, masalah yang kerap dihadapi pemotor adalah helm yang bau apek, terlebih ketika memasuki musim penghujan seperti saat ini. 

Helm yang bau sedikit banyak akan mengganggu konsentrasi berkendara, meskipun tidak membahayakan keselamatan secara langsung.

Meskipun sekarang sudah banyak tempat khusus untuk mencuci helm, seringkali pemilik tidak ada waktu untuk pergi ke tempat pencucian helm. Selain itu, alasan biaya juga sering menghambat seseorang tidak menggunakan jasa cuci helm.

Untuk menanggulangi helm berbau apek, cara yang paling efektif adalah dengan mencucinya. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyediakan peralatan sederhana seperti lap lembut hingga shampo bayi.

Pertama, lepas semua bagian helm seperti kaca dan busa. Jangan lupa, ingat posisi bagian yang dilepas tersebut agar tidak kebingungan saat akan memasangkannya lagi. Setelah semua dilepas, siram helm dengan air hangat.

Setelah itu, cuci dengan sedikit shampo bayi. Gosok seluruh bagian helm dengan tangan atau lap, kemudian bilas. Ulangi beberapa kali sampai benar-benar bersih. Jika sudah selesai, keringkan helm menggunakan kipas angin.

Kemudian, untuk membersihkan kaca, usap dengan permukaan lembut atau busa yang dicampurkan dengan sedikit air hangat dan sabun. Untuk bagian luar, jangan gunakan cairan kimia apapun karena bisa mengikis lapisan kilap.

Setelah semua dibersihkan dan helm telah kering, rakit kembali seluruh bagian helm dengan benar. Usahakan terus bersihkan helm dengan cara ini minimal satu bulan sekali dan helm Anda akan terhindar dari bau apek lagi. Selamat mencoba!