Sukses

Motor Listrik Karya Mahasiswa Dipakai Keliling Dunia

Liputan6.com, Eindhoven - Sebuah sepeda motor listrik karya mahasiswa Eindhoven sukses keliling dunia. Sepeda motor listrik yang dinamakan Storm Pulse itu telah berhasil menempuh 23.000 km berkeliling dunia.

Sekelompok 30 siswa dari University of Technology di Eindhoven Belanda telah bekerja selama satu tahun untuk baterai listrik yang inovatif ditujukan untuk sepeda motor dapat menjelajah sejauh 380 km sekali charge penuh. Untuk kemudian penelitian dilanjutkan dengan perjalanan berkeliling dunia untuk mencoba dan menguji batas penciptaan mereka.

Sebagaimana diwartakan naikmotor.com, sepeda motor listrik yang disebut Storm Pulse juga menggunakan baterai modular tipe baru. Modul dibagi menjadi 24 kartrid khusus untuk daya maksimum 28,5 kWh, modul dapat dilepas dan ditukar tanpa perlu alat, sehingga bisa dilakukan siapa pun.

Perjalanan pengujian itu memang terinpirasi oleh buku Jules Verne  ‘Around the World in 80 Days’. Storm Pulse menjelajah Eropa, Asia dan Amerika Serikat sejak 14 Agustus 2016.

Pada 2 November 2016, Storm Pulse telah tiba kembali di Eindhoven, setelah menjelajah sejauh 23.000 km. Perjalanan memang tak selalu berjalan mulus, ada beberapa kendala teknis yang ditemui tim, tetapi semua bisa diatasi.

(Afid)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini