Sukses

Mazda Ragu, Bagaimana Kelanjutan Sportscar Rotarinya?

Mazda belum berencana meluncurkan sportscar yang lebih besar dari MX-5 Miata.

Liputan6.com, Tokyo - Bagi Anda yang sudah tak sabar menantikan debut sportscar Mazda bermesin rotari nampaknya harus bersabar.

Sebab, pabrikan berlambang burung camar itu justru belum berencana memproduksi masal mobil yang digadang-gadang sebagai RX-9 dalam waktu dekat.

Chief Executive Mazda Masamichi Kogai dalam wawancaranya dengan Automotive News mengungkap, mereka belum berencana meluncurkan sportscar yang lebih besar dari MX-5 Miata.

"Saya pikir bahwa opsi sportscar, MX-5 1,5 liter atau 2,0 liter yang menggunakan mesin konvesional, dengan tenaga dan akselerasi yang memberikan pengalaman menyenangkan," katanya.

Kendati demikian, bukan berarti Mazda menenggelamkan model rotari dari daftar pengembangannya. Hanya saja, masih banyak yang perlu dipertimbangkan.

"Apabila kami memulai kembali produksi mesin rotari, kami perlu memastikan itu bukanlah strategi jangka pendek. Kami perlu memenuhi regulasi emisi. Kami masih melanjutkan pengembangan dan penelitian untuk menjawab segala isu terkait emisi dan efisiensi bahan bakar," ia menambahkan.

Sementara itu, mengacu pada dokumen paten yang mencuat, prototipe RX-9 akan debut pada Tokyo Motor Show 2017 bertepatan dengan 50 tahun mesin Mazda Wankel diproduksi. Menurut prediksi, versi produksi RX-9 bakal debut dua tahun setelahnya di ajang yang sama.

Sumber yang sama juga menjelaskan para insinyur Mazda berusaha menggarap rancang bangun RX-9 agar bobotnya kurang dari 1.300 kilogram. Nantinya, RX-9 mengusung mesin 1,6 liter turbo rotari ditambah sepasang rotor 800 cc. Tenaga maksimalnya diproyeksikan hingga 395 Tk yang akan menggerakkan roda belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini