Sukses

Begini Solusi Hindari Lampu Merah

Audi punya solusi jitu bagi pengendara yang menghindari lampu merah.

Liputan6.com, Nevada - Persimpangan jalan menjadi titik di mana kemacetan terjadi. Apalagi bila persimpangan banyak sehingga pengendara akan menunggu lama hingga akhirnya lampu hijau. Inilah yang kadang membuat mereka tak sabaran dan jengkel. 

Nah, pabrikan mobil mewah asal Jerman, Audi, punya solusi jitu bagi pengendara yang menghindari lampu merah. Dilansir dari Motor1, Kamis (1/12/2016), mereka mengetes teknologi Traffic Light Information di Nevada, yang memungkinkan pengemudi tahu kapan lampu lalu lintas di depan berwarna hijau.

Dikatakan, teknologi ini bisa dibilang menjadi yang pertama. Sebuah solusi vehicle-to-infrastructure yang memudahkan pengendara.

Segala informasi terkait jalan, mulai dari batas kecepatan dan lampu lalu lintas di depan ditayangkan melalui instrumen. Dengan sistem telematik Audi Connect Prime, informasi bisa diakses sejumlah model keluaran Audi, di antaranya A4 dan Q7.

Teknologi ini sengaja dikembangkan untuk mengurangi tingkat stress pengemudi ketika berhenti di persimpangan. Ke depannya, Audi akan mengintegrasikan Traffic Light Information ke sistem navigasi mereka.

Pengemudi, klaim Audi, bisa mengurangi berkendara stop and go, yang pada akhirnya bisa menekan konsumen BBM. 

"Aplikasi V21 dan layanan seperti Traffic Light Information merupakan komponen penting untuk melanjutkan kepada era otonomos," kata PresidenAudi Amerika Scott Keogh.

Sayangnya, sistem ini baru tersedia di Las Vegas. Di sana Audi bekerjasama dengan komisi transportasi untuk menerapkan teknologi V21 ke seluruh lampu lalu lintas.

Rencananya, pabrikan berlambang empat cincin itu memperluas ketersediaan Traffic Light Information ke kota lain di Amerika Serikat. Kira-kira kapan ya solusi serupa hadir ke Indonesia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini