Sukses

Pantangan Saat Mencuci Mesin Mobil

Ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui saat mencuci mesin mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Sesekali, pemilik mobil ingin membuat kendaraannya bersih tak cuma dari sektor interior dan interiornya saja. Bagian kolong dan mesin pun tak luput agar mobil sedap dipandang.

Membersikan mesin mobil memang bukanlah perkara mudah. Ya, ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui dan bila salah akan berdampak pada mesin itu sendiri.

Sebagaimana dipaparkan Astraworld, ada sejumlah komponen pada mesin yang tak boleh terkena air. Komponen tersebut antara lain, boks sekring, electronic control unit (ECU), alternator, kabel dan soket, serta sensor-sensor kelistrikan.

Nah, bagi Anda yang berencana membersihkan ruang mesin mobil di akhir pekan nanti, berikut adalah langkahnya.

1. Tak cuma memastikan sistem kelistrikan mati, jangan lupa melindungi komponen-komponen yang tak boleh terkena air dengan menggunakan plastik.

2. Disarankan menggunakan engine degreaser untuk membersihkan mesin. Ratakan cairan menggunakan kuas dan diamkan selama kurang lebih 10 menit agar kotoran mudah terangkat.

3. Setelah itu, bilaslah dengan air. Lakukanlah secara hati-hari agar air tidak mengenai komponen yang sudah disebutkan di atas. Atur semprotan air tidak terlalu deras. Segera lap komponen yang terkena air,

4. Setelah membilas mesin, jangan lupa mengeringkan permukaan dengan lap sintetis. Untuk mengeringkan air pada sela-sela kabel atau soket pakailah angin bertekanan agar lebih cepat.

Setelah selesai, jangan lupa segera nyalakan mesin. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini