Sukses

Beringasnya Ferrari 488 Challenge

Ferrari 488 Challenge resmi dirilis di ajang Ferrari World Final di Daytona

Liputan6.com, Florida - Ferrari 488 Challenge resmi dirilis di ajang Ferrari World Final di Daytona, Florida Amerika Serikat. Disebutkan, Ferrari 488 Challenge merupakan model keenam yang akan berpartisipasi dalam seri one-make race berskala internasional.

488 Challenge mengandalkan mesin turbo V8 670 cv berkapasitas 3,9 liter. Dikatakan, model anyar ini satu detik lebih cepat dari pendahulunya 458 Challenge EVO. Saat melahap Sirkuit Fiorano, mobil ini catatkan rekor baru yaitu 1’15.5”.

Dibandingkan dengan mesin V8 milik 488 GTB, powertrain 488 Challenge dilengkapi dengan pemetaan mesin spesifik yang dioptimalkan untuk performa balapan, serta rasio gigi yang lebih rendah.

Dalam hal dinamika kendaraan, perangkat lunak Slip Slip Control (SSC) yang telah dipatenkan oleh Ferrari untuk pertama kalinya diterapkan pada 488 Challenge.

SSC diintegrasikan dalam kontrol dinamika elektronik mobil dan telah terkalibrasi, bersama dengan kontrol traksi dan E-Diffs, untuk meningkatkan kemampuan membelok, menikung dan percepatan keluar dari tikungan, serta memastikan traksi maksimum terjadi secara menyeluruh.

Dari segi desain, ubahan paling nyata dari 488 Challenge dibandingkan model massal adalah dari sisi aerodinamika. Bumper depan sepenuhnya dirancang ulang untuk meningkatkan downforce dan menyeimbangkan beban sektor buritan. Keuntungannya, terjadi peningkatan efisiensi sebesar 7 persen dibanding 458 Challenge EVO.

Kap mesin depan juga benar-benar baru dengan ventilasi tiga rangkap dan penutup yang terintegrasi untuk mengarahkan aliran udara panas dari radiator belakang.

Untuk meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi, Ferrari 488 Challenge dilengkapi dengan sayap belakang yang lebih besar, dengan profil air foil serupa yang digunakan pada 488 GTE yang memenangkan FIA World Endurance Championship 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini