Sukses

Solusi Otomotif: Penyebab Mesin Susah Langsam

Kenapa pada saat mesin dingin atau pagi hari mobil saya tidak bisa lansam. Harus diinjak pedal gasnya beberapa saat baru dia bisa lamsam. Kemudian saat pedal gas diinjak suara knalpot brebet. Mohon solusinya -Putu Swastika-

Liputan6.com, Jakarta - Dear Pak Putu, 

Saya coba menjawab keluhan soal mesin susah lansam atau mau mati-mati dan harus diinjak pedal gas baru bisa lansam putaran mesinnya. 

Pada Great Corolla (Greco) 95 sudah menggunakan sistim EFI (Electronic Fuel Injection) seharusnya mobil yang sudah menggunakan sistem EFI lebih mudah dan stabil lansamnya.

Nah, bila terjadi keluhan lansamnya mau mati mesinnya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor:

  • Pada mesin Greco menggunakan ISC (Idle Speed Control) sistem ini yang bertugas menjaga putaran mesin (lansam) dipertahankan dalam kondisi stabil yaitu saat masih dingin tanpa AC (1.100 rpm) fast idle sampai suhu kerja mesin tercapai kemudian sistem ISC akan merubah ke posisi idle (700 rpm) yang diatur oleh ECU mesin.

*Tips : Lokasi ISC ini ada di bawah throtle gas di intake saluran udara. Coba melepas soket kabel ISC-nya, apabila ketika dilepas mesin masih mati (lansamnya) kurang bagus, ini menunjukkan posisi ISC-nya dalam kondisi macet posisi tertutup.

Bila kejadiannya seperti di atas, segera bawa Greco ke bengkel terdekat untuk dibersihkan ISC-nya.

  • Coba periksa saluran udaranya apakah ada yang bocor.

Semoga jawaban saya dapat membantu Pak Putu Swastika memeriksa GRECO 95-nya menjadi lebih baik dan nyaman digunakan aktivitas harian.

Terima Kasih

H Agus Mustafa

==
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa sejumlah prestasi di antaranya:
- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest; dan
- Jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini