Sukses

Deretan Mobil Keren yang Tak Minum Bensin

Mobil hidrogen diklaim sangat ramah lingkungan karena hasil pembuangannya bukan emisi karbon dioksida, melainkan air.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil hidrogen terus digalakkan sejumlah pabrikan otomotif dunia. Sebab, mobil hidrogen diklaim sangat ramah lingkungan karena hasil pembuangannya bukan emisi karbon dioksida, melainkan air.

Di Indonesia, mungkin membutuhkan waktu cukup lama untuk mengimplementasi mobil hidrogen. Membuat mobil tersebut, dibutuhkan kesepahaman antara pabrikan dan pemerintah.

Lain halnya dengan negara maju, seperti di Amerika Serikat (AS). Setelah sukses dengan mobil listrik, mereka kini fokus untuk kendaran hidrogen.  Bahkan Departemen Energi AS mencatat, jika stasiun pengisian tenaga listrik di AS sebanyak 14.943 unit, maka untuk stasiun pengisian hidrogen telah dibangun mencapai 31 stasiun.

Jika stasiun pengisian hidrogen telah ada, artinya mobil-mobil hidrogen juga sudah menjadi kenyataan. Mau tahu mobil hidrogen apa saja yang telah resmi dipasarkan. Berikut daftarnya:

Toyota Mirai

Toyota Mirai memang telah ada sejak Desember 2014. Awalnya, mobil ini dijual hanya di Jepang. Namun pada Oktober 2015,  Mirai dijual di California. Di negara bagian tersebut kini menjadi banyak mobil hidrogen.

Toyota Mirai diklaim dapat melaju hingga sejauh 312 mil atau lebih dari 500 km, dan mampu melesat 180 km/jam.

Honda Clarity

Tak mau kalah dengan Toyota, Honda memiliki mobil hidrogen dan siap dipasarkan akhir tahun ini di California. Berdasarkan data United States Environmental Protection Agency (EPA), mobil ini telah diuji coba sehingga mampu melaju dengan jarak 366 mil atau mencapai 590 km.

Mobil yang dijual sebesar US$ 60 ribu tersebut rencananya bisa juga dilakukan pembelian secara kredit, dengan cicilan sebesar US$ 500 atau Rp 6,6 juta per bulan.

Lexus LF-LC

Mobil ini memang masih konsep dan sempat hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2016 lalu. Rencananya, mobil mewah buatan Jepang tersebut akan benar-benar mulai dipasarkan pada 2020.

Namun sayang, detail bagaimana ‘jeroan’ Lexus LF-LC tersebut belum bisa dibeberkan secara terbuka.

Namun perlu diingat, karena masuk brand premium, berbagai fasilitas canggih akan dibenamkan pada mobil tersebut, salah satunya adanya teknologi di mana layar yang ada bisa dikontrol hanya dengan cara menggerakkan tangan.

Audi H-Tron Quattro

Sama seperti Lexus LF-LC, mobil ini masih tergolong konsep. Hanya saja, model yang satu ini dirancang dengan basis crossover e-tron quattro yang telah debut pada Frankfurt Motor Show, September 2015 lalu.

Audi mengklaim mobilnya dapat melaju hingga 372 mil atau 600 km. Mobil ini disebutkan mampu berakselerasi dari 0-100 km hanya 7,1 detik.

BMW

Belum disebutkan apa nama mobil hidrogen buatan Jerman tersebut. Namun kabarnya, mobil yang memiliki desain sangar tersebut akan mulai dijual pada 2020.

Selain itu, BMW juga berkolaborasi dengan Toyota untuk bagian mesin. Mobil yang dikembangkan dari model i8 ini kabarnya memiliki jangkauan melebihi 300 mil (480 km) dan untuk pengisian bahan bakarnya sampai hanya membutuhkan waktu di bawah lima menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Ford

Ford tengah merencanakan mobil hidrogen secara masal pada 2017 mendatang.

Pada Januari 2013, Ford sendiri telah mengumumkan bekerja sama dengan perusahaan induk Mercedes-Benz Daimler dan Nissan untuk penciptaan teknologi fuel cell. Belum disebutkan apa nama mobil hidrogen Ford.

Mercedes-Benz GLC F-Sel

Mobil yang satu ini rencananya akan menggabungkan tenaga listrik dan hidrogen. Jika didorong dengan motor listrik, mobil ini mampu melaju hingga 30 mil atau 48 km. Sedangkan jika ditambah bahan bakar hidrogen, maka jarak tempuh mencapai 310 mil atau 500 km.

Untuk mengisai tangki hidrogen hingga penuh, mobil ini hanya membutuhkan waktu tiga menit. Rencananya, mobil akan dijual pada 2017 mendatang.

Riversimple Rasa

Mobil hidrogen yang satu ini rencananya hadir pada 2017. Mobil buatan Wales ini diklaim mampu melaju hingga 300 mil atau 480 km.

Uniknya Rasa disebut-sebut memiliki bobot cukup ringan yaitu hanya 580 kg.

Pininfarina H2 Speed Concept

Perusahaan asal Italia, Pininfarina membuka selubung mobil hidrogennya di Geneva Motor Show Maret 2016 lalu. H2 Speed Concept diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik.

Mobil ini disebut bisa mencapai kecepatan tertinggi 186 mph atau 300 km/jam. Untuk mengisi bahan bakar hingga penuh, dibutuhkan waktu hanya tiga menit. 

General Motors

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini mengungkapkan mobil hidrogen dengan dimensi besar. Mobil ini didesain sangat gagah khusus Angkatan Darat Amerika Serikat (AS). Angkatan Darat AS menguji mobil tersebut di saat cuaca ekstrim. 

Nikola Motor Company

Pabrikan asal Amerika Serikat ini mengungkapkan akan membuat truk hidrogen dan dijual pada 2020.

Nikola mengklaim, truk ini memiliki jangkauan jelajah hingga 1.931 km dan dapat diisi ulang hanya dalam waktu 15 menit. Truk ini Ini menawarkan lebih dari 1.000 tenaga kuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini