Sukses

Adu Cepat Lima Mobil Listrik, Siapa Menang?

Dari sekian banyak mobil listrik, terdapat lima mobil yang memiliki kecepatan paling tinggi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik kini menjadi salah satu produk yang digadang-gadang menjadi pengganti kendaraan konvesional berbahan bakar minyak.

Keberadan mobil listrik pada mulanya sengaja dibuat oleh sejumlah perusahaan otomotif dunia dengan tujuan lebih ramah lingkungan.

Namun siapa sangka, meski digerakan menggunakan motor listrik dan tenaganya disimpan pada sebuah beterai, mobil listrik juga memiliki akselerasi yang tak kalah mumpuni dengan mobil-mobil konvesional.

Melansir Bussiness Insider, Sabtu, (10/12/2016), dari sekian banyak mobil listrik, terdapat lima mobil yang memiliki kecepatan paling tinggi di dunia.

Mau tahu mobil listrik apa saja yang paling cepat? Berikut ulasannya:

NextEV Nio9

Meski mobil ini milik perusahaan China, namun ternyata mobil tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik. Selain itu kecepatan mobil ini tercatat 312 km/jam.

Nio EP9 disebut telah mencatatkan rekor mobil listrik tercepat di dua tempat yang berbeda. Pertama, di sirkuit Nordschleife, Nürburgring,  Jerman. Mobil ini melahap lintasan sepanjang 20,8 km dalam waktu tujuh menit 5,12 detik.

Dalam pengetesan kedua di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, Nio EP9 mampu mencatatkan waktu satu menit dan 52,78 detik, dengan panjang lintasan 5,8 km.

Renault Trezor

Meski masih menjadi mobil konsep. Namun perusahaan asal Prancis tersebut mengklaim dengan powertrain listrik yang tersimpan pada baterai, menghasilkan daya 349 Tk dan torsi 379,6 Nm.

Dengan begitu, mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km dalam waktu kurang dari empat detik.

Trezor diklaim mengadopsi mesin yang digunakan pada mobil Formula E tim Renault.

Mercedes-Maybach 6 concept

Sama seperti Renault Trezor, Mercedes-Maybach 6 masih merupakan sosok mobil listrik purwarupa. Desain mobil ini sangat futuristik dan mewah.  

Namun dibalik itu, mobil yang diperkenalkan pertama kali di balai lelang mobil Monterey, di California, Amerika Serikat (AS) tersebut mampu memuntahkan tenaga 738 Tk.

Tak hanya itu, mobil ini juga diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu empat detik, sebelum berlari dengan kecepatan penuh diangka 250 km/jam.

Rimac Concept One

Nama perusahaan ini memang kalah pamor dari Ferrari, McLaren atau Bugatti. Namun demikian perusahaan yang berdomisili di Kroasia tersebut mengklaim memiliki mobil listrik berkecepatan tinggi.

Rimac Concept One akhirnya dipamerkan di ajang Geneva Motor Show, Maret 2016 lalu. Yang lebih mencengangkan, mobil ini dibenamkan mesin yang cukup buas, sebab tenaga yang dihasilkan mencapai 1.070 Tk dan torsi 1.599 Nm.

Mobil ini disebut-sebut mampu berlari dengan cepat hingga 355 km/jam dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,6 detik.

Selain itu, Rimac Concept One rupanya pernah beradu cepat dengan Porsche Spyder 918. Hasilnya, mobil ini mencatatkan waktu 9,9 detik hanya dalam jarak seperempat mil.

Chevrolet Corvette GXE

Chevrolet Corvette GXE, mobil berbasis Corvette Z06 hasil kolaborasi rumah modifikasi Genovatio Cars telah mencatatkan angka menakjubkan soal kecepatan mobil listriknya.

Sebab, mobil buatanya itu diklaim telah memecahkan rekor mobil listrik tercepat saat  dilakukan di Johnny Bohmer Proving Grounds yang berada di Shuttle Landing Facility, Florida, AS.

Saat pengetesan, mobil tersebut mencapai  kecepatan tertinggi 300 km/jam pada Maret 2016. Bahkan, rekor tersebut dipecahkan sendiri  di Juli 2016, dengan berhasil menorehkan kecepatan tertinggi hingga 330,8 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.