Sukses

Jangan Biarkan Oli Mesin Tumpah, Ini Bahayanya

Oli Mesin yang tumpah ke permukaan tanah bisa merusak lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Menuang oli mesin bukanlah pekerjaan sulit. Cukup membuka di bagian bawah untuk menguras, kemudian menuangnya oli baru melalui saluran masuk oli menggunakan corong.

Meski begitu, Anda yang tak hati-hati dalam proses penggantian itu bisa membuat oli bekas atau baru tumpah ke permukaan. 

Nah, apabila selama ini Anda merasa tak berdosa bila menumpahkan oli mesin ke tanah, mulai sekarang berubahlah. Bagaimana tidak, tumpahan satu liter oli bisa merusak 20 ribu galon air minum atau setara 946 ribu liter.

Bila secara tidak sengaja menumpahkan oli, segera bersihkan agar tak berdampak pada lingkungan. Dilansir dari doityourself, berikut adalah cara membersihkan oli motor yang tumpah.

Pertama, apabila oli tumpah ke permukaan segera bersihkan. Bila ada gunakanlah kompon pembersih. Bila tak punya, manfaatkan tisu untuk menyerap oli yang tumpah.

Kemudian, semprotkan sabun pencuci piring dan air hangat ke tumpahan oli. Dengan cara ini, oli akan mengental dan lebih mudah dibersihkan. Untuk mengangkat oli mesin yang sudah mengemulsi itu, gunakanlah sikat untuk semir sepatu.

Terakhir, bersihkan noda oli yang tersisa pada permukaan. Untuk ini Anda bisa menggunakan gemuk berenzim umum. Agar hasilnya maksimal baca petunjuk pemakaian. Jangan lupa untuk membuang sampah hasil proses pembersihan oli itu pada tempatnya, ya. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini