Sukses

Cara Mudah Bersihkan Karat Pada Knalpot Motor

Seiring dengan lamanya penggunaan, pipa knalpot motor akan berkarat.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan lamanya penggunaan, pipa knalpot motor akan berkarat. Apalagi bila Anda malas membersihkan lumpur-lumpur yang kerap menempel sehabis hujan.

Memang, korosi biasanya terjadi pada leher knalpot sehingga tak terlalu terlihat. Tapi tentu saja ini akan mengganggu penampilan motor dan bisa membuat pipa knalpot keropos.

Sebenarnya, menurut Opi, pemilik toko onderdil motor Ex PSM, cara membersihkan karat pada knalpot cukup mudah. Alat yang dibutuhkan hanyalah sabun serta sikat kawat.

"Pertama-tama, siram dengan air, lalu oleskan sabun, setelah itu barulah rontokkan karat dengan sikat kawat," ujar Opi di Depok.

Opi mengatakan, sabun apapun sebetulnya bisa digunakan, misalnya sabun colek. Beberapa sumber menyebutkan bahwa porstex (cairan pembersih keramik) dan bensin juga bisa digunakan.

Knalpot yang ingin dibersihkan juga tidak perlu dicopot. "Letaknya mudah dijangkau, jadi bisa dibersihkan tanpa dicopot dulu," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini