Sukses

Garis-Garis Tipis di Kaca Mobil Belakang, Apa Fungsinya?

Tak semua orang bahkan sebagian pemilik mobil sekalipun mengetahui ‎mengapa terdapat garis-garis tipis yang berwarna merah atau kuning di ka

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang bahkan sebagian pemilik mobil sekalipun mengetahui ‎mengapa terdapat garis-garis tipis yang berwarna merah atau kuning di kaca mobil belakang. 

Ya, ‎garis tipis tersebut adalah defogger. Fungsinya menghalau kabut. Sebab, meski tak kasat mata, garis-garis itu bisa mengaliri energi panas pada kaca belakang, sehingga mampu menghilangkan embun pada kaca mobil belakang.

Menurut Direktur Direktur PT Maxpro Adi Perkasa Andre Susanto‎, defogger membuat visibilitas pengendara ke arah belakang lebih baik. 

"Kalau ke daerah gunung, dan kondisi yang tempatnya dingin itu berfungsi banget," ucap Andre, beberapa waktu lalu.

Andre menuturkan, jika kondisi panas seperti di Jakarta, terkadang defogger tidak berfungsi, karena tak ada kabut. Meski demikian, fitur ini sangat membatu pengendara ketika berkendara pada saat hujan. 

Sementara itu, pemasangan kaca film, lanjut Andre tak mengganggu fungsi defogger. Hanya saja, ada baiknya memilih kaca film yang bukan abal-abal dan memperhatikan tempat pemasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.