Sukses

Perhatikan Posisi Tangan dan Kaki Saat Mengemudi

Posisi tangan dan kaki harus menjadi perhatikan ketika mengendarai mobil.

Liputan6.com, Jakarta Bisa nyetir mobil bukan berarti paham memahami posisi mengemudi yang baik dan benar.

Padahal posisi mengemudi sangat memengaruhi respons pengendara ketika di jalan. Bila salah akan fatal akibatnya.

Menurut Pereli Nasional Pereli Nasional Andre DG Poetra, ada sejumlah hal yang perlu diketahui ketika mengendarai mobil.

"‎Pertama, yang harus dikondisikan adalah posisi tangan," ujar kata Andre kepada awak media saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, Rabu, (14/12) malam.

Posisi tangan, tuturnya, harus ditempatkan seperti jam 9 untuk tangan kiri dan kanan pada posisi jam 3.

‎"Dan tangannya ini harus tetap menekuk, tidak boleh lurus. Kenapa? karena pada saat ada benturan atau kecelakaan, ataupun tabrakan, maka (tangan lurus) itu dijamin 100 persen tangan akan patah," ujar Andre.

Selain tangan, posisi kaki juga perlu diperhatikan. Sama seperti tangan, posisi kaki tak boleh lurus, alias harus menekuk.

"Pada saat akan menginjak kopling atau rem,  itu kaki tidak boleh lurus mentok di deck, jadi kaki juga harus menekuk," imbuh dia.

Sama seperti tangan, kondisi kaki yang lurus berpotensi menimbulkan cedera ketika tabrakan. Jadi, jangan lupa untuk terapkan aturan main ini ketika berkendara, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini