Sukses

Perhatikan Ini Saat Liburan Pakai Kendaraan

Apa yang harus dilakukan jika ingin liburan dalam musim yang tidak menentu seperti akhir tahun ini?

Liputan6.com, Jakarta - Meski sekarang masih pertengahan Desember, tentu sudah banyak yang merancang liburan bersama keluarga. Beberapa hal pun dipersiapkan, bahkan sejak jauh-jauh hari agar momen ini bisa maksimal.

Masalahnya, cuaca di akhir tahun kerap tidak menentu, hujan kerap menjadi masalah. Maka, mempersiapkan kendaraan agar bisa tetap maksimal meski diguyur hujan adalah kewajiban. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Mengutip laman toyota.astra.co.di, salah satu aspek penting yang harus diperhatikan adalah kondisi ban. Sebelum liburan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan bahwa tekanan ban dan kedalaman alur ban sudah sesuai.

Tekanan ban yang sesuai, serta alur yang baik, dapat menghindari mobil mengalami aquaplanning atau tergelincir.

Kemudian, periksa pula apakah lampu kendaraan berfungsi dengan baik atau tidak. Pasalnya, rintik hujan dapat mereduksi jarak pandang. Dengan lampu yang redup, maka visibilitas pengendara akan terganggu, dan akan membahayakan.

Wiper juga harus disorot. Pastikan bahwa karet wiper bersih dan berfungsi dengan baik. Lagi-lagi, wiper yang sudah tidak maksimal bisa mengganggu visibilitas.

Pastikan pula beberapa komponen penting lain sedang dalam kondisi prima. Dari mulai roda kemudi, pedal rem, gas, dan kopling.

Cara berkendara pun harus diperhatikan. Misalnya, sebaiknya mengurangi kecepatan saat hujan turun. Jarak aman kendaraan pun harus diperhatikan. Pasalnya, pengereman di jalan basah butuh jarak yang lebih jauh.

Sementara jika naik motor, prinsipnya pun sebetulnya sama. Komponen penting kendaraan harus dalam kondisi yang baik. Ditambah, sebaiknya selalu persiapkan mantel hujan, dan menggunakan sepatu boot agar kaki tidak kedinginan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini