Sukses

Upaya Mengurangi Angka Kecelakaan Terus Digalakkan

Forum Wartawan Otomotif (Forwot) untuk keempat kalinya menggelar kegiatan road safety campaign.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Wartawan Otomotif (Forwot) untuk keempat kalinya menggelar kegiatan road safety campaign. Kali ini berlangsung di Lottemart Bogor, Minggu (18/12/2016). Acara diikuti oleh komunitas asal Bogor dan Depok, serta sejumlah wartawan otomotif.

Acara dwi tahunan ini digelar atas kerja sama dengan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC ), serta disponsori di antaranya oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Pertamina.

JDDC memberikan edukasi berupa materi teoritik yang jumlahnya mencapai 12 modul, serta praktik langsung menggunakan motor-motor milik Honda.

Wilfridus Kolo, ketua penyelenggara, mengatakan bahwa acara ini digelar untuk lebih meningkatkan kesadaran pengguna motor, khususnya komunitas, agar lebih hati-hati saat di jalan.

"Karena nyawa tidak bisa ditukar, dan agar kita selalu pulang dengan selamat," ujar pria yang akrab disapa Elco ini, dalam pidato sambutan.

Sementara Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot, mengatakan bahwa acara ini akan terus dilaksanakan secara reguler. "Forwot tidak pernah lelah menggaungkan keselamatan di jalan raya," terangnya.

Secara statistik, penyumbang terbesar kecelakaan di jalanan memang sepeda motor, hingga mencapai 75 persen. Tahun 2015, jumlah kecelakaan meningkat 3 persen atau mencapai 98 ribu kejadian. Rata-rata, ada 73 orang meninggal setiap harinya, atau setara 3 orang per jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.