Sukses

Akhir Tahun, Waktunya Mempercantik Mobil

Jelang akhir tahun seperti saat ini, banyak pemilik mobil yang kembali mempercantik kendaraannya

Liputan6.com, Jakarta - Kalender telah menunjukkan bulan Desember. Jelang akhir tahun seperti saat ini, banyak pemilik mobil yang kembali mempercantik kendaraannya. Apalagi mereka yang tidak jalan-jalan akhir tahun karena anggaran yang terbatas.

Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel cat mobil yang ada di Jalan Raya Bogor km 35, menyebut bahwa akhir tahun biasanya memang ada peningkatan konsumen.

Lantas, apa persisnya yang dilakukan mereka? "Biasanya konsumen mengecat ulang beberapa bagian panel body yang baret atau penyok, sekaligus poles full body," ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (18/12/2016).

Adapun poles sederhananya adalah mengkilapkan kembali cat mobil, dengan cara menghilangkan permukaan kusam. Ada cairan poles yang mengandung kompon, dimana cara penggunaannya sudah tertera pada bungkus.

Adapun pengecatan umumnya dilakukan hanya pada bagian-bagian yang sudah tidak baik. Soal biaya, di Rafet Auto harganya Rp 450 ribu per panel, namun tergantung kondisi panelnya juga.

Sementara harga full polish, Rafet Auto membanderolnya tergantung jenis mobil. Misalnya city car, sedan, dan hatchback, harganya Rp 650 ribu. MPV Rp 750 ribu, sementara SUV dan mobil besar lain seperti Pajero Sport dan Terrano dibanderol Rp 850 ribu.

Menurut Erwin, konsumen melakukan ini karena ingin mencari mobil baru di awal tahun. Harga jual kembali akan lebih tinggi jika kondisi eksterior baik. Namun memang ada pula yang mempercantik kendaraan tidak untuk dijual kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.