Sukses

Mau Pasang Klakson Telolet di Avanza, Ini yang Harus Diperhatikan

Klakson telolet bisa dipasang di Toyota Avanza. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Klakson telolet mudah didapat di toko aksesori kendaraan. Bahkan di sejumlah lapak online, klakson unik ini juga ditawarkan dengan harga yang beragam.

Ternyata, klakson telolet tak cuma bisa dipasang pada bus. Di mobil seperti Avanza, klakson ini juga bisa dipasang dan tak perlu repot. Asalkan voltasenya tak lebih dari 12 Volt.

"Ya kalau mobil biasanya 12 Volt sementara bus atau truk 24 volt," terang Agus Mustafa, pemilik bengkel AGSMATIK.

Meski tinggal pasang, ada hal yang perlu diperhatikan. Agus menyarankan agar kerja klakson telolet baik dan tidak mengganggu sistem kelistrikan maka setidaknya membuat rangkaian baru .

"Memang bisa tinggal pasang, tapi harus ditambah relay sendiri. Jadi yang jalur kabel asli hanya untuk setrum kecil. Idealnya buat rangkaian baru dan sekalian ditambah fuse baru biar aman," imbuh dia.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, klakson telolet dijual dengan dua tipe, 12 volt dan 24 volt. Harganya beragam mulai dari Rp 600 ribu hingga RP 935 ribu.

Sementara itu, bagi pemilik mobil yang ingin memasang klakson telolet bisa menyambangi AGSMATIK, yang berlokasi di Jl. H Murtado nomor 39 , Plumpang Semper, Jakarta Utara. "Nanti mekanik saya akan pasang klakson telolet secara aman," tuntas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini