Sukses

Aprilia RSV4 FW-GP Adopsi Teknologi MotoGP

Aprilia meluncurkan RSV4 FW-GP, sepeda motor yang dikembangkan dengan teknologi yang sama seperti pada MotoGP.

Liputan6.com, Noale - Aprilia, pabrikan motor sport asal Italia, baru saja meluncurkan sepeda motor yang dikembangkan dengan teknologi yang sama seperti pada MotoGP. Motor ganas tersebut dinamakan RSV4 FW-GP.

Peluncuran motor sport baru ini adalah bagian dari proyek bernama Factory Work. Dalam proyek ini, Aprilia ingin menghadirkan teknologi pada kejuaraan balap dunia pada semua orang, tentu dengan catatan mereka punya uang.

Mengutip aprilia.com, Selasa (27/12/2016), RSV4 FW-GP adalah motor yang dilengkapi dengan mesin V4 999cc, dengan diameter piston yang telah di-bore up dari 78 mm menjadi 81 mm, serta stroke yang diperkecil hingga 48,5 mm.

Mesin bertenaga 215 Tk ini punya konfiguasi yang sama dengan yang digunakan Aprilia pada MotoGP musim 2015.

Beberapa aspek penting lain dari motor ini adalah ia dilengkapi dengan suspensi Ohlins, sistem kelistrikan motor balap, serta ECU yang juga khusus balap.

Aprilia Racing Technical Manager Romano Albesiano mengatakan, proyek ini adalah cara mereka untuk selalu punya hubungan yang erat antara dunia balap dengan proses produksi. Mereka ingin orang biasa punya motor balap.

"Untuk 2017, kami memutuskan untuk mendorongnya lebih jauh, membuat RSV4 yang lebih ekstrem, yang dilengkapi dengan mesin ber-valve timing pneumatik," ujarnya.

Tentu, motor ini tak dijual dengan harga murah. Hanya orang tertentu yang bisa memilikinya, apalagi produknya terbatas. Aprilia membanderol RSV4 FW-GP dengan harga menyentuh angka US$ 200 ribu atau setara Rp 2,6 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.