Sukses

Canggih, Jalanan di Kota Ini Bisa Hasilkan Listrik

Jalanan bisa menghasilkan listrik karena dibekali dengan panel surya.

Liputan6.com, Paris - Pemerintah Prancis baru-baru ini meresmikan jalanan yang dilengkapi panel surya. Sebagai yang pertama di dunia, Menteri Lingkungan Hidup Prancis, Ségolène Royal hadir untuk meresmikan operasional jalan tersebut.

Dijelaskan, panel surya membentang sepanjang satu kilometer, di Tourouvre au Perche, Normandy, Prancis. Sedangkan luasnya mencapai 2.800 meter persegi.

Dilansir Autoblog, Selasa, (27/12/2016), meski masih uji coba selama dua tahun, jalanan surya ini diharapkan bisa menjadi sumber penerangan di desa berpenduduk 3.400 orang tersebut.

Adapun, konstruksi jalan berpanel surya ini dijalankan oleh salah satu perusahaan konstruksi terkemuka, Colas. Mereka mengiplementasikan sebuah teknologi jalan yang dikembangkan selama lima tahun bernama Wattway. 

Sebagaimana dilansir dari inhabitat.org, panel surya yang menempel pada permukaan jalan ini dilapisi dengan pelindung agar tak rusah ketika menahan beban kendaraan. Jaringan kelistrikan sudah dirancang sedemikian rupa di bawah permukaan jalan untuk menyimpan daya.

Tentu saja, listrik tersebut tak dibagikan secara cuma-cuma dan bakal dijual pada 2018. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.