Sukses

Cara Murah Hilangkan Baret pada Bodi Mobil

Memperbaiki bodi tergantung pada kedalaman goresan. Goresan yang dalam harusnya diperbaiki di bengkel spesialis.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu ingin menjaga mobil kesayangan selalu mulus. Bila ada baret kecil pada bodi, Anda ingin segera mungkin memulihkannya.

Nah, memperbaiki bodi tergantung pada kedalaman goresan. Goresan yang dalam harusnya diperbaiki di bengkel spesialis. Sementara goresan tipis, bisa diperbaiki sendiri. Caranya cukup mudah dan tak memerlukan waktu lama.

Di pasaran, ada beberapa bahan yang dapat mengikis goresan tipis. Di antaranya adalah kompon dan cairan bernama scratch remover.

Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel spesialis cat dan bodi mobil di Jalan Raya Bogor Km 35 No 37, menjelaskan lebih jauh soal penggunaan kompon. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membersihkan mobil.

"Kemudian gosok amplas halus grit 2.000-2.500 di bagian yang baret. Setelah itu baru pakai kompon yang dioles di daerah yang baret menggunakan lap halus atau kain katun. Ini sudah bisa langsung hilang," ujarnya kepada Liputan6.com.

Menurutnya, kompon berfungsi menghaluskan tekstur pernis atau clear coat yang biasanya digunakan untuk finishing pengecatan.

Cara penggunaan scratch remover agak berbeda. Pasalnya, tahap pemakaiannya tak perlu menggosok bagian yang baret menggunakan amplas dulu, melainkan langsung mengusapnya dengan cairan setelah mobil dibersihkan.

"Scratch remover memang benar bisa (menghilangkan baret halus). Tapi saya yakin tak terlalu halus karena tidak mengikuti tahap sebagaimana pakai kompon," ia menambahkan.

Pakai losion antinyamuk?

Selain dua bahan di atas, membersihkan baret halus pada mobil juga dapat dilakukan menggunakan losion antinyamuk. Cara penggunaannya mirip dengan scratch remover. Setelah dibersihkan, losion tinggal digosok di bagian yang baret.

"Ini (losion antinyamuk) memang bisa menghilangkan baret. Tapi sebetulnya tidak direkomendasikan karena bukan peruntukkannya," tutup Erwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.