Sukses

Tanda Kuning di Ban, Sepele tapi Ada Fungsinya

Ban mobil ataupun motor terdapat sejumlah simbol yang memiliki arti berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Ban mobil ataupun motor terdapat sejumlah simbol yang memiliki arti berbeda-beda. Salah satunya adalah titik kuning di area sisi ban.

Raditya Budianto, mekanik Planet Ban di Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat mengatakan, tanda tersebut merupakan petunjuk dalam pemasangan ban. B‎iasanya, tanda tersebut menunjukkan titik teringan dan terberat pada ban.‎

‎
"Dengan titik kuning ini juga bisa lihat tanggal produksi ban, dan itu juga harus sejajar," ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa, (3/1/2017).

Meski terkadang titik tersebut tidak mempengaruhi saat dilakukan pengisian angin, namun  tanda yang diberikan saat proses quality control pembuatan ban, titik kuning yang merupakan titik teringan pada ban harus disejajarkan dengan titik terberat velg yakni pada area pentil.  

Sedangkan warna lain diseberang kuning juga ada, itu untuk titik terberat ban‎. Menurut Raditya, ini merupakan simbol balance.
‎
Diketahui, jika tidak sejajar (titik kuning tidak berekatan dengan pentil), kemungkinan saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi maka yang ada akan timbul getaran. Hal ini disebabkan pada bagian ban yang tak seimbang.
‎
"Tapi memang tidak semua ban diberikan simbol dengan warna-warna," tutupnya.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.