Sukses

Mau Pasang Talang Air Mobil, Pilih Lokal atau Impor?

Talang air yang menempel di atas pintu mobil ini memiliki fungsi menepis hujan dan air masuk melalui celah-celah jendela.

Liputan6.com, Jakarta Berstatus mobil baru, bukan berarti akan berlimpah bonus aksesori. Termasuk gratis pemasangan talang air. 

‎Talang air, ternyata bukan sekedar aksesoris biasa, sebab, perangkat yang menempel di atas pintu mobil ini memiliki fungsi tersendiri yaitu menepis hujan dan air agar tidak masuk melalui celah-celah jendela.‎ Tentunya talang air ini akan lebih berguna pada musim hujan saat ini.

Namun jangan khawatir, jika dealer tak memberikan talang air, sejumlah toko aksesori mobil menawarkan dengan beragam harga. Akan tetapi Anda harus teliti dalam memilih perangkat ini, sebab talang air memiliki bahan berbeda, akrilik dan juga plastik injection.

Menurut Su‎ryanto, pemilik toko Aksesoris Alif Auto di lantai 5 Mega Glodok Kemayoran, Kemayoran, Jakarta, talang air yang dijualnya tergantung kualitas bahan.

"Misalkan model standar akrilik yang biasa dipakai itu harganya Rp 200 ribuan dan itu buatan local. Sedangkan untuk produk impor biasanya Rp 275 ribu. Semuanya satu set jendela depan-belakang dan samping," ungkap Suryanto, saat ditemui Liputan6.com, Kamis, (5/1/2017).

‎Lebih lanjut Suryanto juga menuturkan, bahwa murahnya produk lokal karena hasil akhir pembuatan talang air relatif minim kualitasnya. Alhasil produknya tidak semulus barang impor‎, mulai dari tekstur hingga lekukan yang terkesan kaku.

Sedangkan untuk jenis talang air bahan plastik injection, biasanya lebih tahan lama serta telah dilengkapi anti UV‎. Oleh karena itu, kata Suryanto, harga talang air injection dipatok lebih mahal yaitu sekitar Rp 475 ribu. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini