Sukses

Suzuki Ertiga Diesel Aman Tenggak Bio Solar

Ertiga Diesel yang akan telah disesuaikan agar bisa meminum solar apapun.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pabrikan otomotif di Indonesia terkesan enggan menghadirkan mobil bermesin Diesel. Berbagai alasan dilontarkan, salah satunya karena kualitas solar di Indonesia belum memenuhi kriteria bagi mesin kendaraan mereka.

Namun hal itu rupanya bukan menjadi alasan bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku agen tunggal pemegang merek Suzuki di Indonesia. Sebab, Suzuki siap menghadirkan Ertiga Diesel dalam waktu dekat.

Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra menyatakan, Ertiga Diesel yang akan telah disesuaikan agar bisa meminum solar apapun.

"Tidak masalah (pakai solar), saat dilakukan development kami sudah coba. Semuanya sama saja seperti mobil lainnya, tenaganya juga ada," ujar Dony kepada Liputan6.com, yang ditulis Minggu (6/1/2017).

Sementara itu, PT Pertamina meniagakan tiga jenis solar, yakni Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Bio Solar menjadi varian terendah dengan cetane number 48 dan kandungan sulfur 3.500 part per milion (ppm).

Di atas itu ada Dexlite yang memiliki kualitas lebih bagus dengan cetane number 51 dan kandungan sulfur minimal 1.200 ppm. Sedangkan Pertamian Dex punya cetane number 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.

Ertiga Diesel mengusung mesin berkode D13A berkapasitas 1.300 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga 86 Tk pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini