Sukses

Ternyata, Ini Penyebab Mesin Skutik Mati Mendadak

Ada sejumlah hal yang membuat mesin skutik mati mendadak. Demikian dikatakan Venus Adha, Head of Technical Training Wahana Makmur Sejati.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengguna Honda BeAT model 2014 mengalami keluhan. Ya, motor matik 110 cc miliknya itu sering kali mati mendadak mesinnya, kemudian untuk menghidupkannya kembali perlu waktu. Lantas apa penyebabnya.

Menurut Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati ada sejumlah hal yang membuat mesin Honda BeAT mati mendadak.

Pertama, kata Venus, penyetelan putaran mesin terlalu rendah atau di bawah standar. Idealnya, putaran mesin di Honda BeAT berada di 1.700 +/- 100. Sehingga bila mesin akan mudah mati bila putarannya lebih rendah.

Selain itu, tekanan pada pompa bahan bakar juga bisa menyebabkan mesin mati. Terlebih bila tekanannya tak sesuai dengan standar yakni 294 kilopascal (kPa).

Tak luput busi yang sudah kotor dan melebihi batas waktu pemakaian juga bisa membuat mesin mati mendadak. Disarankan untuk mengganti busi apabila telah digunakan 8.000 km.

"Bisa juga terjadi karena adanya kerak karbon (sisa hasil pembakaran bahan bakar) yang mengganjal di sisi payung valve sehingga mengakibatnya kompresi bocor dan hal ini mengakibatkan mesin mati," tutur Venus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini