Sukses

VW Camper Masuk Era Modern, Begini Jadinya Sekarang

VW campervan lahir kembali dan menanggalkan mesin bakar alias mengandalkan motor listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video pariwara tahun 1950-an begitu menarik perhatian kala itu. Begaimana tidak, sebuah mobil buatan Volkswagen menjanjikan beragam fungsi.

Mobil ini bisa bertransformasi dari sebuah kendaraan penunjang mobilitas menjadi mobil kemping. Asyik bukan.

Tapi tuntutan terhadap sebuah mobil multifungsi seperti ini pasti bakal berubah mengikuti zaman, Bukan? Inilah yang dilakukan Volkswagen. Konsep VW campervan era modern mungkin bisa menarik perhatian dan melupakan sejenak Dieselgate yang menggerogoti kantung VW.

VW campervan lahir kembali dan menanggalkan mesin bakar alias mengandalkan motor listrik.

VW menamainya sebagai I.D. Buzz. Mobil konsep ini dibangun dengan inspirasi model mikrobus yang popular pada 1950-1970an. Dikutip dari Dailymail, mobil ini diharapkan bisa dijual pada tahun 2022.

VW memamerkan perdana di Detroit Motor Show. Ini merupakan model kedua dari jajaran Volkswagen I.D. yang pertama kali diperkenalkan pada Paris Motor Show tahun lalu.

Bahasa desain kental dengan aura retro. VW sengaja mempertahankan darah VW campervan untuk mengembalikan memori konsumen. Bagi pecinta VW Type 2, yang debut pada 1950 tentu tak asing.

Ini terlihat dari paduan dua warna dengan bentuk hidung datar di depan dan atap yang dibuat mumbul. Pintunya pun hanya dua.

Jantung mekanis I.D Buzz mengandalkan dua motor listrik yang bisa memuntahkan teaga setara 369 Tk. Sebagai perbandingkan VW Type 2 yang debut pada akhir 1960 dan awal 1970 cuma bertenaga 50 Tk.

Selain desainnya yang dibuat futuristik dengan memadukan aura retro, VW turut mengaplikasikan lampu LED di depan dan belakang, serta aksesn garis menyela kontras dengan warna bodi, tak ketinggalan mobil ini menggunakan velg alloy berdiameter 22 inci.

Kabin bernuansa futuristik dan menghilangkan tombol atau tuas yang umumnya ada pada mobil. Head unit yang merangkap fitur infotainment berbasis tablet.

Konfigurasi kursi pada baris pertama dan kedua bisa diatur sesuai kebutuhan. Sehingga, menambah keasyikan berkumpul dengan keluarga di dalam mobil.

I.D Buzz dibangun berbasis MEB (modular electric platform). Sebagaimana diketahui, pabrikan Jerman itu memang mengandalkan platform itu sebagai basis bagi 30 mobil listrik yang masuk dalam rencana 'Stretegy 2025'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.