Sukses

Mengenal 5 Motor Harley-Davidson yang Paling Fenomenal

Harley-Davidson tentu saja memiliki seabrek motor andalan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal Harley-Davidson. Motor besar yang mampu mengeluarkan suara lantang di jalan. Kehadirannya pun selalu menyita perhatian pengguna jalan lain.

Di ranah roda dua, usia Harley-Davidson sudah berusia ratusan tahun. Pabrikan yang berbasis di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (AS) ini didirikan pada 1903. Wiliam A. Davidson, William S. Harley, Walter Davidson, dan Arthur Davidson merupakan sosok di balik nama besar merek motor tersebut.

Selama eksis 114 tahun, Harley-Davidson tentu saja telah memiliki seabrek motor andalan. Sepanjang sejarah, sebagaimana disadur dari Visordown, ada lima model yang paling fenomenal. Berikut ulasan selengkapnya:

1. 1936 El Knucklehead

Mesin Knucklehead bisa dibilang paling tersohor dalam keluarga Harley-Davidson. Dari sinilah, jenama Amerika itu mulai dikenal dan diakui keberadaannya.

Tersemat pada model EL, mesin ini mengadopsi mesin 61 cubic inch atau 999 Tk dengan katup overhead valve. Dengan tenaga dan ubahan desain, motor ini kemudian dikenal dengan nama `Knucklehead`, sesuai dengan bentuk rocker boxes.

Pada tahun yang sama, Harley-Davidson juga memperkenalkan mesin berkapasitas 1.310 cc dengan side valve.

2. 1961 Duo Glide

Gaya motor ini begitu kental dengan aura tahun 1950-an. Bentuk spakbor depan dan belakang dengan aksen krom jadi ciri khas. Duo Glide mengusung mesin 1.208 cc berpendingin udara, V-twin.

Posisi duduk yang rendah dan tangki bensin berdesain kacang membuat motor ini begitu ikonik. Bagi siapa saja yang melihat Duo Glide saat ini, pasti Anda akan membayangkan seolah-olah berada pada tahun 50-an.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

3. 1986 Sportster

Model ini merupakan motor pertama Harley-Davidson yang mengemas mesin Ironhead, Evolution, atau Evo dan tersedia dengan kapasitas 883 cc atau 1.100 cc.

Motor ini dikenal memiliki radius putar yang cukup merepotkan pengendaranya ketika hendak memutar balik.

4. XR-750

Motor ini begitu dikenal karena jasa Even Knievel. Ya, Harley-Davidson XR-750 jadi senjatanya dalam melompati deretan mobil dan truk pada tahun 1970-an.

XR-750 memang bukanlah motor yang diproduksi untuk digunakan harian. Kendati begitu, desainnya bisa dibilang apik.

Terlebih lagi model ini bagian dari sejarah karena berhasil mencetak 29 dari 37 gelar yang diperebutkan dalam AMA Grand National di AS.

5. VRSCA V-rod

Di AS bukan cuma punya istilah muscle car, adapula muscle bike yang dibesut oleh Harley-Davidson.

Mesin Revolution yang jadi jantung mekanisnya berbasis VR-1000 yang dikembangkan oleh pabrikan sportscar Jerman, Porsche.

Tenaga yang mampu dikeluarkan Harley-Davidson VRSC (V-Twin Racing Street Custom) sebesar 115 Tk, yang dimuntahkan mesin V-twin berkapasitas 1.130 cc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini