Sukses

Bagian Ini Menentukan Kenyamanan Berkendara Saat Hujan

Pengendara yang bepergian menggunakan mobil saat hujan diwajibkan lebih rajin melakukan pengecekan.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang belakangan ini terjadi seakan menjadi musuh bagi pengendara karena mobil jadi gampang kotor. Selain itu, saat atau usai hujan turun sering kali jalanan menjadi tergenang air hingga menyebabkan kerusakan.

Oleh karena itu, para pengendara yang bepergian menggunakan mobil saat hujan diwajibkan lebih rajin melakukan pengecekan.

Service Manager Plaza Toyota Parman Suanda mengatakan, hal yang paling penting untuk diperhatikan saat mengendarai dikala hujan adalah keberadaan wiper. Alat ini memang berguna untuk menyapu air dari kaca sehingga pandangan menjadi jernih dan leluasa.

"Jadi kalau sudah kelihatan karetnya keras atau retak harus diganti. Ciri-ciri harus diganti yaitu saat akan menyapu air, sapuannya tidak bersih dan tidak rata, itu harus diganti," ungkap Parman saat ditemui Liputan6.com di bengkel Plaza Toyota cabang jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, (12/1/2017).

Hal berikutnya yang harus dilakukan pengecekan yaitu bagian sistem suspensi. Bagian ini, kata Parman sangat penting mengingat suspensi berkaitan dengan kenyaman.

Bagian suspensi bermasalah, lanjut dia, bisa terdeteksi dari suara berderit, bahkan ada juga saat ayunan di dalam mobil tak enak kemudian terdengat bunyi jedug.

"Biasanya suspensi ini sering masalah karena kena lubang. Apalagi pas hujan yang tidak tahu kondisi jalannya tiba-tiba masuk jalur bergelombang atau berlubang," jelasnya.

Selain itu, bagian yang harus diperhatikan berikutnya adalah sistem pengereman. Sebab, dimusim hujan terkadang membuat bagian rem lebih cepat basah dan terendam.

Hal ini pula yang membuat rem lebih sering berdecit. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan memiliki ketebalan yang telah ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini