Sukses

Honda Civic Bakal Pulang Kampung

Honda Motor Co akan membawa pulang sedang Civic ke kampung halamannya di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Honda Motor Co akan membawa pulang sedan Civic ke kampung halamannya di Jepang. Sebelumnya, sejak 2010 lalu mereka tak lagi membuat Civic di negeri sendiri, dan lebih memilih Amerika Serikat (AS).

Saat itu, alasan Honda menghentikan produksi Civic di Jepang adalah karena penjualannya yang melemah. Kini mereka melihat tren kembali berubah.

Dilaporkan Automotive News, Jumat (13/1/2017), Honda secara resmi mengumumkan akan mulai kembali memproduksi Civic di Jepang, dan akan mulai menjualnya pada musim panas nanti. Mereka juga tidak menutup kemungkinan untuk mengekspor sedan ini.

Kimiyoshi Teratani, Head of Honda Japan Operation, mengatakan bahwa ia berharap strategi ini akan berhasil. Teratani menginginkan titel pembuat mobil sport akan kembali pada mereka, setelah sejak bertahun lalu hanya fokus membuat mobil entry level.

"Kami sudah dikenal sebagai perusahaan yang khusus membuat minivan dan mobil mini, dan kami menyadari di luar itu semakin lemah. Civic mungkin bukan supercar NSX, tapi model lain ini ingin kami gunakan untuk meningkatkan citra merek," ujarnya.

Keputusan untuk memproduksi kembali Civic ke Jepang juga tak terlepas dari tren bahwa mobil sedan semakin lemah di Amerika Serikat (AS). Sebelum pengumuman ini, faktanya memang Honda mengandalkan AS sebagai basis produksi Civic.

Slot yang ditinggalkan Civic di AS akan diganti jadi crossover, segmen yang sedang berkembang di Negeri Paman Sam itu.

Sejak diperkenalkan pada 1972, penjualan Honda Civic kini telah menembus 24 juta unit. Rekornya terjadi pada tahun lalu. Bukan hanya itu, di tahun yang sama bahkan Civic 2016 berhasil merebut titel North American Car of the Year.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini