Sukses

3 Penghargaan untuk Motor Masa Depan Honda

Honda memenangkan tiga penghargaa sekaligus untuk sepeda motor konsep masa depan mereka yang tersemat fitur Riding Assist.

Liputan6.com, Las Vegas - Honda memenangkan tiga penghargaa sekaligus untuk sepeda motor konsep masa depan mereka yang tersemat fitur Riding Assist, di ajang Consumer Electronics Show (CES) yang dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan world.honda.com, Honda Riding Assist memenangkan Best Innovation dan Best Automotive Technology yang dikelola oleh mitra resmi Engadget. Satu penghargaan lagi adalah Editors Choice Award yang diberikan oleh majalah otomotif Popular Mechanics.

Riding Assist sendiri adalah trademark milik Honda yang berupa teknologi kontrol keseimbangan. Motor yang tersemat teknologi ini bisa seimbang dan berdiri tanpa standar (self-balancing), baik saat motor hidup ataupun mati.

Lebih jauh, teknologi ini juga membuat motor mampu mengoreksi posisi (self-correct) seandainya di dalam perjalanan terjadi gangguan pada keseimbangan motor.

Yang lebih canggih adalah bahwa motor ini juga dilengkapi dengan fitur self-driving. Pengendaranya, misalnya, bisa turun di pinggir jalan, langsung masuk restoran, sementara motor bisa menemukan parkirnya sendiri.

Satu kelemahan yang masih ada di motor ini adalah bahwa ia masih membutuhkan semacam alat bantu yang mencuat di samping kanan dan kiri motor, namun tidak menyentuh tanah. Honda menyebut bagian ini nantinya akan hilang.

Honda tidak menjelaskan kapan teknologi ini akan diterapkan di sepeda motor yang diproduksi massal. Namun jika melihat perkembangan teknologi otonom itu sendiri, nampaknya realisasinya akan butuh waktu bertahun-tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini