Sukses

Ini Ubahan Yang Terjadi pada Toyota Venturer

Liputan6.com, Jakarta - Venturer, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang menjadi varian paling mahal dari keluarga Kijang Innova akhirnya dirilis di Indonesia. Mobil ini dibanderol dengan harga termurah Rp 386,3 juta on the road Jakarta.

Untuk pasar Indonesia, varian anyar ini terdiri dari dua mesin, bensin 2.0 liter dan diesel 2.4 liter yang masing-masing dilengkapi dua transmisi, manual dan dua otomatis.

"Yang Q bensin masih ada, Q diesel sudah tidak ada. Venturer yang bensin juga ada (versi termahal), yang diesel juga sama," Henry Tanoto, Vice President PT TAM, saat peluncuran Venturer dan New Corolla Altis di kawasan Thamrin, Jakarta, Senin, (16/1/2017).

Jika dilihat dari desainnya, Venturer ini diklaim memiliki gaya adventure, namun tetap mempertahankan gaya elegan seperti halnya Kijang Innova yang lainnya.

Adapun ubahan yang berbeda dari tampilan Venturer di antaranya sebagai berikut:

Pertama, Venturer dilengkapi lampu depan LED projector dengan desain smoke. Ubahan pada bagian wajah ini juga terletak pada grill yang dibalut hitam dan krom.

Pada bagian bemper, juga terdapat ornament grille dibalut krom berbentuk boomerang. Selain itu, lampu kabut juga mengalami ubahan karena hadir dengan bingkai hitam.

Ubahan lainnya yang terjadi pada mobil ini yaitu pada bagian muka, khususnya bumper yang dilengkapi dengan krom.

Beralih ke bagian samping, ubahan desain yang terjadi pada bagian over fender, list pintu, side skirt, serta desain kaki-kaki yang menggunakan velg hitam berukuran 17 inci.

Pada bagian belakang, ubahan yang terjadi meliputi backdoor garnish, bemper spoiler dengan warna chrome.

Karena menjadi yang termahal, sejumlah fitur terasa lebih lengkap, seperti halnya kantong udara yang terdapat pada pengemudi dan penumpang, serta dibagian lutut pengemudi.

Tentu saja, soal keamanan, mobil ini telah dilengkapi dengan tujuh sabuk pengaman yang menjadi spesifikasi standar.

Sedangkan untuk varian Venturer Q diesel, memiliki empat tambahan kantong udara (jumlah tujuh kantung udara). Selain itu, ada juga beberapa fitur keamanan lainnya seperti Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, dan emergency brake signal.

Sebagai pembeda, Venturer hadir dengan warna baru yaitu red mica metallic. Warna tersebut melengkapi warna yang ada seperti super white 2, silver metallic, dark grey mica metallic, attitude black, avant garde bronze, dan alumina jade.

Sedangkan untuk jantung pacu tetap sama, karena mesin bensin tipe 1TR-FE 4 berkapasitas 1.998cc 16 Valve DOHC, Dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga 139 Ps pada 5.600 rpm dan torsi 18,7 kg.m pada 4.000 rpm.

Sementara untuk mesin diesel 2 GD FTV dilengkapi kapasitas 2.393cc yang hadir 16 valve DOHC VNT intercooler yang mampu memuntahkan tenaga 149 Ps pada 3.400 rpm dan torsi 36,7-34,9 kg.m pada 1.200-2.800 rpm.

Artikel Selanjutnya
Takata Bermasalah, Toyota Ganti Vendor Airbag?
Artikel Selanjutnya
Alphard Murah Bikin Toyota Semringah