Sukses

Airbag di Jepang Meledak, Cederai Satu Penumpang

Liputan6.com, Tokyo - Airbag adalah komponen keselamatan yang penting dalam sebuah mobil. Tak hanya bagi pengemudi, pada mobil-mobil tertentu bahkan airbag disematkan pada banyak titik, termasuk ruang kaki.

Namun apa yang terjadi di Jepang justru sebaliknya. Selasa kemarin, Honda Motor Co melaporkan airbag mereka malah pecah. Beruntung, pengemudi hanya mengalami cedera kecil. Demikian dikutip dari Reuters, Rabu (18/1/2017).

Honda mengatakan bahwa airbag yang pecah ada di sisi penumpang. Komponen keselamatan ini mengembang dengan kekuatan yang berlebihan, menghamburkan pecahan material padat ke kabin. Karena kejadian ini korban menderita luka bakar ringan di bagian kaki.

Adapun airbag yang rusak sendiri bermerek Takata. Merek yang sama-sama asal Jepang ini memang telah bermasalah sejak bertahun lalu.

Korban sendiri sebetulnya masih relatif beruntung. Pasalnya, kasus yang sama setidaknya telah mengakibatkan 16 orang meninggal dunia di seluruh dunia.

Bahkan di negara tetangga Malaysia, korban meninggal dunia telah mencapai empat orang. Kasus terakhir terjadi pada September tahun lalu. Pengemudi nahas itu mengendarai Honda City 2009, yang sebetulnya telah masuk dalam daftar penarikan pada Juni 2015.

Juru bicara Takata mengaku telah tahu informasi ini oleh Honda. Mereka berjanji akan mengkonfirmasi rincian masalah setelah melakukan investigasi.