Sukses

Solusi Otomotif: Kenali Gejala Shock Absorber Avanza Telah Rusak

Salam Pak Haji, saya pengguna Avanza Veloz 2012. Saya punya pengalaman, kemarin ketika melaju di tol, padahal kecepatan 80 km per jam, bodi terasa goyang Pak Haji. Kenapa bisa terjadi? Memang, shock belakang sebelah kanan sepertinya mati. Apakah ada pengaruh dari itu Pak Haji. Untuk saran perawatan kaki-kaki Avanza itu seperti apa ya Pak Haji? Tolong penjelasan dan solusinya ya -Suhendra-

Liputan6.com, Jakarta - Mengenai Toyota Veloz 2012 yang bodinya terasa goyang saat melaju di tol pada kecepatan 80 km/jam, bisa disebabkan oleh sejumlah kemungkinan.

Sayangnya, Pak Suhendra tidak menyertakan informasi apakah gejala itu dirasakan ketika membawa penumpang penuh, sedang, atau sendiri. Kemudian, kondisi jalan tolnya beraspal atau hanya semen cor. Sebab, kondisi jalan juga bisa memengaruhi timbulnya gejala bodi goyang.

Nah, untuk masalah teknisnya, sebagai berikut:

Shock absorber-nya bocor atau sudah lemah, hal ini sangat berpengaruh terhadap gaya redam antara bodi kendaraan dengan permukaan jalan yang berakibat bodi kendaraan terasa bergoyang. Baik muatan penumpang 1 orang, apalagi muatan penuh 7 orang akan terasa goyangannya makin besar.

Pengecekan kondisi shock absorber bisa dilakukan dengan memeriksa secara visual. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah terdapat rembesan oli pada shock absorber. Kalau ada berarti shock-nya bocor sehingga menyebabkan menyebabkan daya redam ayunannya menjadi lemah dapat menyebabkan bodi bergoyang.

Kemudian pemeriksaan shock absorber depan dan belakang bisa dilakukan dengan menekan bodi di atas roda dan shock absorber bagian atasnya.

Apabila ditekan kemudian ayunan bodi mobil terasa ringan dan mengayun-ayun, dapat dipastikan shock absorber-nya lemah. Bila ini terjadi, disarankan untuk mengganti shock absorber.

Catatan:
Shock absorber yang lemah dapat menyebabkan bas aus dengan pola bergelombang. Sehingga bila dibiarkan, bisa membuat biaya perawatan membengkak dan menguras kantung. Terakhir, tentu saja kenyamanan berkendara berkurang baik di jalan tol maupun jalan bergelombang

Semoga jawaban saya bisa membatu pemeriksaan Veloz Pak Suhendra dan semakin nyaman dan aman menggunakan Toyota.

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest  dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini