Sukses

Ternyata, Limosin Donald Trump Berasal dari Mobil Truk

Liputan6.com, Jakarta - Limosin yang menjadi mobil dinas Donald Trump nampak gagah. Mobil bakal menemani sejumlah lawatan, baik itu di dalam maupun luar negeri.

Sebagai mobil yang bakal jadi andalan orang yang paling berpengaruh di dunia itu, Secret Service AS tentu saja meracik Cadillac One secara khusus alias tak sembarangan.

Tingginya tuntutan keamanan dan kemampuan mobil itu, membuatnya dibangun dari sasis, mesin, dan transmisi milik kendaraan pekerja, Chevrolet Kodiak. Cadillac One melayani presiden AS mulai 20 Januari 2009.

Mesin 6.599 cc V8 turbo dengan kompresi 16.8:1 jadi penyuplai tenaga Cadillac One. Pada 3.000 rpm, jantung mekanis ini bisa menghasilkan 300 tenaga kuda (Tk) dengan tenaga puntir 705 Nm pada 1.600 rpm.

Selain menjadi basis limosin presiden, Chevrolet Kodiak juga menjadi basis lahirnya bus sekolah yang sering kita lihat dalam film-film Holywood.

Nah, untuk mobil dinas Trump, telah menyiapkan 12 unit limosin baru. Masing-masing unit kabarnya dibangun dengan menghabiskan kocek sekira US$1-1,5 juta. Sehingga General Motors (GM) mendapat bayaran untuk mobil tersebut sebesar US$15 juta.

Anggaran yang besar tersebut tentu saja untuk memberikan keamanan tingkat tinggi sang presiden. Bodi dan kaca Cadillac One kebal peluru serta bisa menangkal serangan dari senjata biologis dan kimia.

Pintu mobilnya punya bobot berat. Sebagaimana dilansir dari Mirror, tak siapapun bisa membuka pintu itu hingga sebuah fitur pembuka yang berada pada sisi kemudi diaktifkan. Bobot kosong mobil lebih berat dari delapan ton dari kendaraan dinas Obama. 

Tangki Dieselnya dibuat anti peluru dan sulit diledakkan. Kemudian, bannya menggunakan jenis run flat tyres (RFT). Limosin ini turut dilengkapi kamera night vision, pelacak GPS, dan sistem komunikasi satelit. Tiga fitur ini memungkinkan mobil berjalan dalam kondisi apapun.

Dari segi eksterior, sebetulnya tidak ada yang berubah dibanding The Beast lama. Mobil ini akan dikelir dengan warna dasar hitam dan beberapa garis silver, namun dengan cat kamuflase tambahan untuk menyamarkan fitur-fitur baru.

Artikel Selanjutnya
Pilihan Truk Kabin Ganda, Tata Xenon XT Kalahkan Ford Ranger?
Artikel Selanjutnya
Beratap Terbuka, Mobil Listrik Bentley Jadi Sorotan