Sukses

Resmi Dirilis, Ini yang Berubah dari Yamaha YZF-R15

Liputan6.com, Sentul - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan all new Yamaha YZF-R15 di Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (23/1/2017). Pembukaan selubungnya langsung dilakukan oleh pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales.

Sebagaimana embel-embel all new, terdapat beberapa perubahan, baik dalam hal desain ataupun mesin. Ari Kristianto, Product Planning PT YIMM, menjelaskan lebih jauh soal ini.

Menurutnya, motor yang dijuluki 'baby R6' ini punya lekukan yang lebih tajam. Ketajaman sudut-sudutnya dibanding yang lalu membuat R15 lebih aerodinamis.

Speedometernya sudah full digital, yang dapat menginformasikan banyak hal, termasuk juga fitur personalisasi. "Yang paling baru ada shifting light timing. Ganti transmisi sudah ada indikatornya, seperti R25," ujar Ari.

Dalam hal suspensi, R15 sudah dilengkapi dengan suspensi upside down, lampu depan dan belakang LED, dan ban terlebar di kelasnya. "Sementara yang masih dipertahankan dari yang lama itu swingarm aluminium," tambah Ari.

Dalam hal mesin, motor ini sudah menggendong mesin berkubikasi lebih besar, yaitu 155 cc. Mesin yang disokong teknologi baru VVA menghasilkan tenaga 19 Tk @10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @ 8.500. Tenaganya lebih besar 20 persen ketimbang R15 terakhir.

All new Yamaha R15 hadir dengan tiga pilihan warna, yakni racing blue, matt black, dan matt red. Sayang, motor ini belum punya harga. Disebutkan bahwa soal harga dan produksi massalnya baru akan dirilis pada semester pertama, tanpa waktu yang pasti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini