Sukses

Yamaha R15 Andalkan VVA demi Dongkrak Perfoma, Teknologi Apa Itu?

All new Yamaha R15 dilengkapi dengan teknologi VVA yang juga tersemat pada NMax. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - All new Yamaha R15 yang diluncurkan di Sirkuit Sentul, Senin (23/1/2017) kemarin dibekali dengan Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini terhitung baru. Yamaha baru menyematkannya pada NMax dan Aerox 155.

Lantas, apa sebetulnya teknologi ini? Apa pula keuntungannya? Menurut beberapa sumber, VVA secara sederhana adalah teknologi yang memungkinkan torsi atau tenaga pada sepeda motor tetap terjaga di semua putaran mesin, baik di rpm rendah atau tinggi.

Tentu kita familiar dengan pembicaraan bahwa jika ingin tarikan bawah motor enak, maka tarikan atasnya harus dikorbankan, alias akan lebih loyo. Begitu juga sebaliknya. Jika ingin tarikan atas bagus, maka dijamin terikan bawah tidak "nonjok".

Nah, di sinilah peran VVA. Ia akan memaksimalkan kinerja kendaraan di putaran apapun. Khusus di all new Yamaha R15, VVA akan aktif ketika putaran mesin mencapai 7.400 rpm.

VVA pada dasarnya merupakan teknologi camshaft/cam/noken as yang dapat mengubah timing dan durasi saat menggerakkan katup/atau klep. Cara mengubahnya dengan menerapkan profil cam yang berbeda saat putaran rpm bawah dan tinggi.

Pada motor-motor biasa, profil cam hanya ada satu. Suplai gas ke ruang bakar dalam rpm tinggi atau rendah akan sama. Hal inilah yang membuat tenaga motor tidak terjaga di semua putaran. Sementara dengan VVA, suplai gas di rpm tinggi atau rendah dibedakan.

Aktivasi VVA dilakukan oleh ECU atau yang biasa disebut otak kendaraan. ECU akan membaca putaran mesin. Di rpm tertentu, ECU akan "memerintahkan" selenoid, yang terdapat di area cylinder head agar mengubah cam low jadi high cam.

Selenoid yang berisi kumparan dan magnet bergerak karena dialiri listrik. Gerak maju solenoid ini mendorong pin & spring compression untuk menggerakkan cam jadi high.

Ari Kristianto, Product Planning PT YIMM, mengatakan meski pada dasarnya cara kerjanya sama, namun VVA NMax dan R15 berbeda, yaitu dalam hal kapan akan aktif.

Sementara VVA NMax aktif pada di 6.000 rpm, R15 baru akan aktif pada 7.500 rpm. "Beda setting saja. Kami menyesuaikan dengan karakter R15 yang sport," ujar Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini