Sukses

Tangki Bensin Bocor, Boleh Dilas?

Bengkel resmi tidak menerima pekerjaan mengelas tangki bocor. Kualitas pengelasan ditanggung konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri berbagai masalah tak terduga kerap terjadi pada kendaraan. Termasuk masalah kebocoran tangki bensin. Lantas, apakah tangki bensin boleh dilas untuk menambal kebocoran itu?

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel Honda, Astra Motor Jakarta, Eko Eddy Saputro menuturkan, mungkin saja jika dilakukan pengelasan tangki bensin. Hanya saja, bengkel resmi tidak menerima pekerjaan mengelas tangki bocor. Kualitas pengelasan ditanggung konsumen.

Adapun demikian, saat ditemui Liputan6.com, Selasa, (24/1/2017) Eddy menyarankan, “Sebisa mungkin pengelasan dilakukan secara menyeluruh agar lebih awet, jangan satu sisi saja.”

Dengan pengelasan menyeluruh, tidak hanya di tempat bocor, maka potensi kebocoran di titik lain tidak akan terjadi. Diutarakannya, tangki bensin seharusnya dikuras secara berkala, setiap 10 ribu kilometer. Rutinitas ini mengurangi potensi karat di bagian dalam tangki.

“Jadi kalau memang bocor bagusnya diganti baru saja. Agar kualitas terjamin,” tutup Eddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.